Anda pasti sudah sangat familiar bahwa anak mengalami pertumbuhan fisik yang pesat di periode awal. Tanpa disadari, anak sudah berlari dan semakin lincah. Meski demikian, sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui ciri ciri pertumbuhan fisik anak usia dini. Perkembangan anak dari usia 1 hingga 3 tahun akan terasa jauh sekali perbedaannya. Dalam hal ini anda juga harus membesarkannya dengan cara yang berbeda, terutama perkembangan fisiknya dan asupan nutrisinya. Nah, setelah lewat 6 tahun, orang tua fokus ke perkembangan sosial dan pendidikan.

Anak Usia 1-2 Tahun

Usia 1 hingga 2 tahun adalah periode emas dimana orang tua perlu menceritakan semuanya. Ciri ciri pertumbuhan fisik anak usia dini pada periode tersebut diawali dengan kemampuan anak merangkak hingga berjalan. Mereka lebih reaktif dan sensitif terhadap kondisi lingkungannya. Anak mulai mampu menirukan kata-kata sederhana. Di fase ini, pertumbuhan gigi anak mulai tampak bahkan hampir penuh.

Anak Usia 2-4 Tahun

Fase selanjutnya adalah 2-4 tahun sebagai periode dimana pertumbuhan fisik sangat cepat dan lebih konsisten. Anak bisa berjalan dan berlari seiring dengan perkembangan saraf motorik dan otak lebih sempurna. Selain itu, anak juga mulai mengenal kata-kata sederhana hingga berlatih mengucapkan sesuatu dengan kalimat. Di fase ini, gigi dan saluran pencernaan sudah sempurna sehingga anak bebas memakan apapun.

Usia 4-6 Tahun

Di Usia ini, pertumbuhan gigi anak umumnya sudah lengkap. Mereka lebih aktif bahkan mulai bisa belajar hal-hal kompleks. Orang tua wajib memperhatikan perkembangan fisik selanjutnya yaitu organ dan indera yang berkaitan dengan aktivitas fisik seperti mata, hidung, kaki, telinga, dan kepala. Di fase ini, ciri ciri pertumbuhan fisik anak usia dini sebenarnya sudah selesai dan anak akan memasuki fase pertumbuhan normal hingga dewasa.

Lebih Dari 6 Tahun

Anak usia 6 tahun mulai memasuki babak baru dimana mereka mulai berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dan sosial. Pertumbuhan fisik sudah dalam tahap perkembangan dan penyempurnaan. Fase ini menjadi krusial karena pertumbuhan gigi anak sudah beralih ke gigi dewasa. Anak akan mengalami pergantian gigi sehingga membutuhkan pendampingan orang tua.

Setiap fase memiliki ciri tersendiri terutama antara 1 hingga 3 tahun. Anda bisa melihat dengan jelas perbedaannya dalam waktu singkat. Setelah usia 4 tahun, orang tua mulai memberikan pembelajaran tidak hanya dari segi fisik tetapi sosial karena kemampuan fisik sudah lengkap dan sempurna.