Orang tua harus mengetahui waktu-waktu penting perkembangan buah hati mereka agar dapat membantu tumbuh kembang si kecil dengan baik. Ketika buah hati Anda memasuki usia 2 tahun ini merupakan periode emas anak dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak mereka. Sebagai orang tua Anda tidak boleh melewatkan momen penting ini karena hanya terjadi sekali seumur hidup.

Cara Bantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak

perkembangan anak usia 2 tahun

Si kecil akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sejak usia 0-3 tahun. Agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas maka orang tua harus membantu proses tumbuh kembang ini dengan beberapa cara di bawah ini:

Cukupi Kebutuhan Gizi Anak

Kebutuhan gizi selama periode emas anak ini harus tercukupi dengan baik. Pemenuhan tersebut dimulai dari pemberian ASI eksklusif serta makan pendamping ASI ketika anak sudah memasuki usia 6 bulan. Hal yang tidak boleh Anda abaikan yaitu memberikan vitamin, protein dan nutrisi dalam setiap pemberian MPASI karena semua itu diperlukan selama masa pertumbuhan. Agar anak tumbuh dengan tulang yang sehat dan kuat maka perhatikan pula asupan kalsium anak Anda.

Dukung Dengan Lingkungan Yang Positif

Perkembangan anak juga dapat dipengaruhi lingkungan sekitar. Lingkungan terkecil dimulai dari keluarga sehingga peran orang tua adalah menciptakan hubungan positif antara anak dengan orang tua serta anggota keluarga yang lain. Proses tumbuh kembang anak Anda akan berjalan baik dengan pengalaman positif yang didapatkan dari lingkungannya.

Memberikan Stimulus

Pada perkembangan anak usia 2 tahun mereka harus diberikan stimulus yang tepat untuk melatih otaknya. Memberikan stimulus ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mengajak anak bermain tanpa memaksa. Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan atau perilaku sehingga anak Anda akan menirukannya. Selain itu, cara memberikan stimulus juga dapat berupa pujian atau hadiah karena telah berhasil melakukan sesuatu.

Meluangkan Waktu

Sesibuk apapun Anda, tetap usahakan untuk meluangkan waktu bersama anak karena mereka perlu untuk berkomunikasi, sosialisasi, dan memecahkan masalah. Selain dapat membantu anak untuk melakukan beberapa hal tersebut, meluangkan waktu bersama anak juga akan meningkatkan kedekatan anak dengan orangtua.