Punya anak yang sudah pandai berbicara saat masih kecil tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Ibu. Ini tandanya Si Kecil memiliki kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang berkaitan erat dengan kemampuan bahasa atau komunikasi baik itu melalui bicara atau menulis. Kecerdasan bahasa memungkinkan anak memiliki hobi membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan cerita.

Perkembangan bahasa anak dengan kecerdasan bahasa jauh lebih cepat dibanding anak lainnya, terbukti mereka bisa membaca lebih cepat dibanding anak lain seumurnya. Bahkan sejak baru lahir, anak sudah bisa menunjukkan kecerdasan berbahasa loh! Sejak usia dini mereka menunjukkan ketertarikan untuk mengajak berbicara orang lain atau membaca buku, Ketika memasuki usia 4 bulan, anak sudah mulai tertarik membaca buku bersama ibu. Bahkan ketika nanti anak sudah berusia 6 bulan, ibu jangan kaget kalau mereka sudah bisa membaca buku sendiri. Lantas, seperti apa sih ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan bahasa? Simak yuk, ulasan berikut!

kecerdasan bahasa
kecerdasan bahasa
  1. Anak punya perbendaharaan kata yang jauh lebih banyak daripada anak seusianya. 
  2. Anak suka diajak berbicara atau kerap kali mengajak orang lain berkomunikasi. 
  3. Anak mudah memahami istilah-istilah baru.
  4. Anak tidak takut berbicara di depan banyak orang.
  5. Anak punya hobi membaca buku.
  6. Anak senang dibacakan dongeng atau cerita oleh orang tua.
  7. Anak gemar menceritakan ulang buku yang ia baca. 
  8. Anak gemar bercerita pada orang tua, teman, atau orang terdekat. 
  9. Anak suka berdiskusi dan memberi tanggapan saat mendengar orang lain berbicara.
  10. Anak menyukai seni sastra seperti puisi dan juga seni peran seperti teater. 
  11. Suka diajak ke perpustakaan.
  12. Memiliki ketertarikan belajar bahasa asing.
  13. Sering menyematkan humor dan percakapannya.
  14. Tertarik untuk mengenali beberapa bahasa asing, termasuk bahasa daerah.

Itulah ciri anak yang memiliki kecerdasan bahasa. Ketika anak sudah menunjukkan ketertarikan dan kecerdasannya di bidang berbahasa verbal, maka ibu bisa menstimulasi agar kecerdasan mereka semakin optimal. Beberapa cara menstimulasi kecerdasan bahasa anak yang bisa ibu lakukan seperti mengajaknya ngobrol, bercerita, membacakan buku cerita, hingga mengajarkan untuk menulis. 

Metadesk: