Pertumbuhan anak memang membuat takjub. Jika kemarin hanya bisa menangis, tahu-tahu si kecil sudah mulai mengucapkan sepatah dua kata, bisa merangkak, bahkan berjalan. Saat si kecil berusia satu tahun, Anda bisa memberikan stimulasi dengan memberikan mainan. Tentunya, pilih sesuai dengan usianya. Mainan anak 1 tahun cukup bervariasi dan sangat membantu tumbuh kembangnya. Beberapa pilihan ada di bawah ini.

mainan anak 1 tahun

1. Mainan Edukasi Musik

Balita biasanya suka mendengarkan suara, musik atau lagu. Anda bisa memilih mainan edukasi anak yang bersuara. Pilihannya beragam, mulai dari krincing bayi, hammer kids, bebek cit, hingg music learning table. Paket lengkap bisa ditemukan di music learning table yang memiliki fitur suara drum, anak tertawa, serta nada doremi. Hampir semua memiliki bentuk unik dengan warna mencolok favorit balita. Adanya mainan anak 1 tahun ini, Anda bisa menstimulasi dengan melatih koordinasi tangan, mata dan daya motorik si kecil.

2. Balok Bentuk

Selain berbunyi, anak biasanya memfavoritkan mainan dengan bentuk lucu-lucu. Balok bentuk bisa menjadi pilihan mainan anak 1 tahun. Mainan tersebut bisa menstimulasi si kecil mengenal bentuk sebuah benda. Anda bisa mengajarkan permainan seru yang mengedukasi sehingga mereka tidak mudah bosan. 

3. Balok Huruf dan Angka

Selain mengajarkan berbagai bentuk sebuah benda, Anda juga bisa mengenalkan huruf dan angka lewat sebuah balok. Mainan edukasi anak ini sangat mudah ditemukan di toko-toko mainan anak. Pilihlah balok dengan berbagai warna sehingga Anda bisa mengenalkan kepada si kecil. 

4. Mainan yang Bisa Digerakkan 

Mainan berikutnya yang bisa menstimulasi perkembangan fisik anak adalah yang bisa digerakkan dengan tangan ataupun kaki. Seperti mobil-mobilan, kereta, baby walker hingga skuter. Tunjukkan cara memainkannya agar si kecil bisa meniru. Mengingat si kecil memiliki daya keingintahuan besar, Anda bisa ajarkan petualangan seru bersama mainan bergeraknya. 

5. Mainan yang Membutuhkan Kegiatan Fisik 

Mainan yang membutuhkan kegiatan fisik dapat membantu si Kecil untuk mengembangkan koordinasi antara mata, tangan dan juga kemampuan motorik. Beberapa jenis permainan yang membutuhkan kegiatan fisik antara lain bola, sepeda atau sekedar main bowling plastik untuk anak. Jika di rumah, Anda juga bisa mengajak si Kecil bermain rumah-rumahan, mereka akan termotivasi untuk merangkak dan berjalan.