Bagi orang tua baru, anak pertama ibarat “kelinci percobaan” dalam membesarkan buah hati. Berbagai pengalaman pertama menjadi momen menarik selama mengikuti perkembangan si kecil. Hal tersebut pula yang ternyata mempengaruhi karakternya dengan sang adik. Nah, seperti apa uniknya karakter si sulung? Berikut fakta anak pertama yang menarik dan perlu diketahui.

fakta anak pertama

1. Pusat Perhatian

Anak pertama sangat dinanti-nanti oleh keluarga. Apalagi bagi keluarga yang sudah lama menikah tapi tak kunjung mendapatkan berita baik. Tidak hanya orang tua, kakek, nenek serta sanak saudara mendambakan kehadirannya. Perhatian begitu besar, bahkan ketika ada tanda awal kehamilan. Bisa dibayangkan seberapa besar perhatian dan kasih sayang yang didapatkannya. Menjadi pusat perhatian ternyata juga menciptakan karakter yang penuh perhatian kepada adik serta di lingkungannya.

2. Berjiwa Pemimpin

Sebagai anak pertama, Si sulung menjadi orang terpercaya orang tua. Hal tersebut pula yang membuat mereka sering mendapatkan tanggung jawab. Tanpa disadari, hal tersebut menciptakan karakter berjiwa kepemimpinan. Berdasarkan penelitian dari University of Georgia, anak sulung cenderung memegang peran sebagai pemimpin dan cukup bertanggung jawab dalam menghadapi masalah. 

3. Mandiri

Fakta anak pertama berikutnya adalah karakter mereka yang lebih mandiri, apalagi setelah memiliki adik. Selain dibebankan tanggung jawab, mereka mudah untuk menghadapi dunia karena sudah terbiasa mengurus dirinya sendiri. Karakter si sulung ini juga dapat membuat mereka kaya akan pengetahuan. Apalagi bagi yang suka dengan tantangan serta penasaran dengan hal baru. 

4. Baik dan Peduli pada Orang Lain

Ketika orang tua membutuhkan bantuan, anak pertama dengan sigap dapat merawat dan menjaga adik-adiknya. Kebiasan menemani si adik juga dapat menciptakan sifat peduli kepada orang lain, termasuk mereka yang membutuhkan kenyamanan serta perlindungan. Si sulung juga lebih sopan serta perhatian. Hal ini dikarenakan mereka lebih sering berinteraksi dengan orang tua sebelum melakukan tindakan. Baginya, semua tingkah laku dapat dicontoh oleh si adik.

Itulah beberapa fakta anak pertama yang menarik. Bagaimana, cocok dengan karakter si sulung bukan?