Jajanan yang ada di luar sekolah membuat banyak anak tergiur. Namun, belum dipastikan apakah makanan yang dimakan si kecil higienis dan sehat atau tidak. Jika khawatir, ibu bisa membuatkannya jajanan anak sekolah yang praktis sendiri di rumah. Ada banyak menu jajanan murah dan sehat untuk si kecil. Berikut inspirasi jajanan anak sekolah yang mudah dan praktis untuk camilan anak saat berada di sekolah.

1.   Makaroni Crispy

Anak-anak menyukai makanan dengan tekstur yang renyah. Jajanan anak sekolah seperti makaroni crispy banyak diminati. Camilan ini biasanya hadir dengan berbagai macam rasa mulai dari asin, manis, hingga pedas manis. Ibu bisa membuatnya sendiri dan menggunakan campuran bumbu tanpa MSG agar lebih sehat dan aman.

2.   Pisang Coklat atau Karamel

source: fimela.com

Memastikan asupan nutrisi anak agar terpenuhi adalah kewajiban orang tua. Anda bisa membuat jajanan anak sekolah yang praktis seperti pisang coklat atau pisang karamel. Pisang punya banyak manfaat bagi si kecil terutama untuk melancarkan sistem pencernaannya. Buatlah ukuran jajan yang pas untuk dicemil. Anda bisa gunakan kulit lumpia untuk tekstur yang lebih renyah. Masukan isian coklat di dalamnya dan goreng. Tambahkan karamel di atasnya agar terasa manis.

3.   Martabak Manis

Tak sulit membuat martabak manis mudah di rumah. Anda bisa menggunakan peralatan dapur seperti wajan teflon untuk membuatnya. Kelebihan membuat jajanan anak sekolah yang praktis seperti martabak manis ialah Anda bebas memilih toping yang bervariasi. Ibu bisa gunakan selai coklat, taburan keju, atau menambahkan potongan buah di atasnya. Buatlah ukuran mini agar pas untuk dicemil.

4.   Cireng

Mudah dijumpai di area sekitar sekolah, cireng termasuk jajanan murah yang cukup digemari anak-anak. Anda juga bisa membuatnya di rumah. Jajanan ini terbuat dari tepung kanji yang diencerkan kemudian digoreng. Rasanya gurih dan teksturnya kenyal. Selain itu, Anda bisa memakai cabai rawit atau keju sebagai tambahannya.

Sejumlah jajanan anak sekolah yang gampang tadi bisa Anda buat sendiri di rumah. Jajanan murah belum tentu tidak sehat. Ibu bisa gunakan bumbu tanpa MSG atau menambahkan potongan buah. Dengan begitu, anak tak lagi jajan sembarangan deh!