Memiliki anak yang aktif dan cepat tanggap tentu menjadi harapan bagi semua orang tua, termasuk melihatnya berjalan. Pada umumnya, fase setiap anak untuk mulai berjalan berbeda-beda tergantung kekuatan motorik yang dimilikinya. Meski begitu, peran orang tua sangatlah penting untuk mendorong anak belajar berjalan. Nah, berikut telah kami rangkumkan cara anak jalan cepat yang mudah dipraktekkan.

Usia Bayi Bisa Berjalan

Secara umum, bayi mulai belajar berjalan pada umur 4-15 bulan. Sebelum belajar berjalan, anak terlebih dahulu belajar duduk dan berdiri. Selama belajar berdiri, bayi secara perlahan melatih kekuatan otot maupun anggota geraknya. Para orang tua cenderung melatih sang buah hati berjalan ketika bisa berdiri dengan baik. Proses berjalan anak tidak bisa langsung lancar, melainkan bertahap hingga akhirnya bisa berjalan tanpa alat bantu. Anak bisa berjalan sendiri pada usia 6 hingga 10 bulan.

cara anak cepat jalan
cara anak cepat jalan

Cara Menstimulasi Anak Cepat Jalan

Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menstimulasi anak agar bisa berjalan dengan cepat.

  • Menitah Anak

Langkah dasar yang bisa dilakukan para bunda untuk menstimulasi anak agar cepat jalan yaitu menitah anak. Menitah yaitu mengajak anak berjalan bersama dengan posisi ibu di belakangnya sambil memegang tubuhnya. Menitah umumnya dilakukan ketika anak baru bisa berdiri. Selain mengajarkan jalan, menitah bertujuan untuk melatih kekuatan kaki.

Menitah ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu memegang area di bawah ketiak atau menggenggam tangannya. Cara pertama umumnya digunakan pada saat anak baru pertama belajar berjalan. Jika kakinya sudah mulai kuat menopang tubuh, menitah bisa dilakukan dengan menggenggam tangannya.

  • Melatih Jalan tanpa Alas Kaki

Cara efektif dalam mengajarkan anak berjalan yaitu dengan bertelanjang kaki, bisa dilakukan di tanah, rumput ataupun lantai. Bertelanjang kaki akan membantu buah hati membentuk otot kaki serta melakukan penguatan di pergelangan kaki. Selain itu, anak juga akan lebih cepat dalam melatih koordinasi maupun keseimbangan.

  • Melatih Jalan Menggunakan Kursi

Selain melatih menggunakan tangan, Anda juga bisa mengajari anak berjalan dengan menggunakan kursi. Gunakanlah kursi yang ringan agar si kecil lebih mudah untuk mendorongnya. Setelah itu, biarkan anak mendorong kursi sambil berjalan ke segala arah.

Itulah tadi cara anak jalan cepat dengan mudah yang dapat diterapkan oleh para ibu. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa melatih jalan sambil bermain bersama anak.