Usia balita adalah usia dimana anak sangat aktif dan sedang dalam masa pertumbuhan yang prima. Untuk itu, makanan sehat bagi balita harus benar-benar diperhatikan supaya asupan gizi yang mereka butuhkan benar-benar terpenuhi. Berikut 5 makanan sehat untuk balita yang bisa ibu masukkan dalam menu harian si kecil. 

1. Daging

Daging adalah sumber makanan yang baik untuk tubuh karena mengandung vitamin,  protein, mineral, zat besi, seng, dan vitamin B12. IBu bisa membuat menu makanan dari  daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit. Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan anak selama masa pertumbuhan. Selain daging, ibu juga bisa memberikan makanan mengandung protein lain seperti kedelai, ikan, dan telur. 

makanan sehat untuk balita
makanan sehat untuk balita

2. Susu dan produk olahannya
Susu segar dan makanan produk olahan susu memiliki lemak tinggi dan sumber utama kalsium untuk balita. Ini berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi. Produk susu dan olahannya juga kaya akan vitamin A yang membantu tubuh balita melawan infeksi. Sumber vitamin A juga dibutuhkan untuk kesehatan mata dan kulit. Untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, ibu bisa mengganti ASI dengan susu UHT. Selain itu, ibu bisa mengkombinasikan makanan mengandung susu, seperti keju dan yoghurt agar nutrisi balita tetap terjaga.

3. Buah- buahan

Buah adalah makanan sehat untuk balita yang kaya akan kandungan mineral, gizi, dan vitamin. Buah-buahan seperti alpukat, blueberry, dan jeruk mandarin sangat baik dikonsumsi oleh balita. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Kalori dalam alpukat yang tinggi membuatnya cocok untuk dikonsumsi sehari-hari bagi balita yang berat badannya kurang. Sementara blueberry memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk mata, otak, dan saluran kemih anak. Dan jeruk mandarin kaya akan  vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat.

4. Sayuran berdaun hijau

Biasanya memang sayuran berdaun hijau adalah jenis makanan yang kurang disukai oleh balita. Tapi jeni sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam, brokoli, dan kangkung memiliki banyak kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Makanan sehat untuk balita ini juga kaya akan kadar vitamin serta mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.