Saat memasuki usia 1 tahun, biasanya anak akan mulai pilih-pilih makanan dan gemar mengemut makanan didalam mulutnya, Bunda harus tahu makanan anak 1 tahun seperti apa yang sebaiknya diberikan dan bagaimana cara mengatur porsi makan agar tetap mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga berat badan ideal anak.

Saat memasuki usianya di tahun pertama, si Kecil biasanya sudah cukup mahir untuk makan dengan tangan, berbeda dengan usia sebelumnya, meskipun belum bisa menggunakan sendok dan peralatan makan lainnya dengan benar, tetapi kemampuan koordinasi kedua tangannya saat makan bisa dibilang handal.

Walau begitu, bukan berarti bisa bebas melepas si Kecil saat makan, sebagai orang tua, Bunda harus tetap memperhatikan kegiatan makan yang dilakukan si Kecil, karena bukan tidak mungkin mereka bisa saja tersedak ketika memakan beberapa jenis makanan tertentu.

Apa makanan yang baik untuk anak 1 tahun?

Saat anak memasuki usia 1 tahun, biasanya mereka sudah bisa untuk mengunyah berbagai macam makanan padat, ini karena jumlah gigi yang sudah tumbuh jauh lebih banyak, sehingga mereka bisa lebih mudah untuk mengunyah. 

Lalu makanan apa saja yang bisa Bunda berikan? Bunda bisa memberikan makanan padat yang terbuat dari nasi, telur, daging, roti atau sayur dan buah-buahan seperti brokoli, labu siam, apel melon dan masih banyak lagi.

(Bunda harus tahu berapa banyak kalori yang dibutuhkan si Kecil. Biasanya anak berusia 1 tahun akan membutuhkan kalori sebanyak 1000 sampai 1400 untuk setiap harinya. Si Kecil bisa mendapatkan itu semua dari makanan seperti sumber karbohidrat, protein hewani, nabati, buah dan sayur-sayuran.

Bunda bisa memberikan variasi makanan berikut ini untuk memenuhi kebutuhan kalori si Kecil!

  • Nasi, ubi, gandum, dan biji-bijian sebagai sumber karbohidrat
  • Daging merah, daging ayam, ikan, dan hati sapi sebagai sumber protein hewani
  • Kacang-kacangan, tahu, dan tempe sebagai sumber protein nabati
  • Sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat
  • Telur sebagai sumber protein, lemak, vitamin, serta mineral
  • Produk turunan susu seperti susu, keju, yoghurt, dan lain sebagainya

Bunda harus mulai membiasakan untuk memberi makanan sehat pada anak saat berusia 1 tahun, pemilihan makanan pada anak adalah orang tua yang menentukan. Bukan hanya memenuhi kebutuhan perutnya saja, tetapi perhatikan juga asupan gizi untuk si Kecil!