Rewel dan mudah menangis adalah respon yang diberikan bayi saat ia merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Salah satu sebab bayi rewel adalah balita susah bab, lapar, ingin menyusu atau adanya gangguan perut. Perut kembung pada bayi disebabkan oleh adanya gas yang berlebihan. 

cara mengatasi perut kembung pada bayi

Kondisi bayi kembung memang bisa sering terjadi, namun jangan mudah panik karena lambat laun, kondisi pencernaan bayi akan membaik sesuai dengan usianya yang bertambah. Nah, untuk itu penting mengetahui tips cara mengatasi gangguan perut pada bayi berikut ini.

1. Pijat Dengan Gerakan Memutar

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memberikan pijatan lembut di perutnya. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam. Anda juga bisa mengajaknya bercanda sehingga lebih rileks. Anda juga bisa melakukan pijatan ini setiap sehabis memandikan bayi Anda. Tapi jangan lakukan setelah dia menyusu karena akan membuatnya muntah. 

2. Gerakan Kayuh Sepeda

Selain melakukan pijatan lembut di perut, Anda juga bisa melakukan hal lain untuk membuat perut bayi kembali nyaman jika bayi kembung. Gerakan kayuh sepeda ini bisa dilakukan agar gas yang menjadi penyebab perut kembung bisa keluar dari perut bayi. Caranya, taruh bayi pada posisi terlentang. Lalu gerakan kaki bayi Anda seperti sedang mengayuh sepeda. Mungkin terlihat aneh, namun gerakan ini berfungsi seperti pijatan yang bisa menstimulasi gas di perutnya agar segera keluar. 

3. Gendong Dengan Posisi Tegak 

Cara mengatasi perut kembung yang lain adalah dengan menggendong bayi Anda dengan posisi tegak untuk membuatnya lebih nyaman. Tempelkan badannya pada tubuh Anda. Posisi ini bisa membantu mengeluarkan gas dari perut buah hati Anda. Selain itu, posisi ini akan membuat bayi lebih tenang karena merasa dekat dengan Anda. 

4. Sendawakan Setelah Menyusui

Penyebab gangguan perut pada bayi bisa jadi karena udara yang tertelan saat menyusui. Untuk itu, usahakan untuk selalu menyendawakan si kecil setelah menyusu. Tujuannya agar udara penyebab bayi kembung bisa keluar. Caranya, gendong dan posisikan bayi di pundak Anda, lalu tepuk perlahan punggungnya hingga ia bersendawa.

5. Mandi Air Hangat

Jika si kecil rewel, Anda mungkin bisa memandikannya dengan air hangat saat situasi dan kondisi memungkinkan. Dengan ini akan bisa menenangkan bayi karena tubuhnya akan terasa lebih rileks.