Proses tumbuh kembang anak setiap tahunnya selalu berbeda. Perkembangan anak usia 2 tahun, umumnya mereka mampu membentuk hubungan antar saraf yang jumlahnya tak terhitung. Proses ini membantu anak usia 2 tahun memahami tentang apa dan bagaimana suatu hal ada atau terjadi. Anak usia 2 tahun juga sudah mulai bisa memahami konsep di dalam, di luar, di sana, jauh, dekat, bawah, atau di mana. Masih ada beberapa tahapan perkembangan anak 2 tahun yang harus Moms tahu, simak yuk ulasan berikut!

perkembangan anak usia 2 tahun

1. Pertumbuhan fisik anak 2 tahun yang ideal

Perkembangan anak usia 2 tahun dari segi fisik yang pertama adalah tumbuhnya 16 gigi pertama, selain itu berat badan dan tinggi bertambah. Idealnya berat badan anak usia 2 tahun berkisar 10-13 kilogram dengan tinggi mulai 84-89 cm. Untuk meningkatkan perkembangan fisik si Kecil, Moms bisa mengajak anak melakukan beberapa kegiatan seperti berjalan kaki bersama, bermain di playground, olahraga ringan seperti main bola, hingga meminta si Kecil untuk membereskan mainannya.  

2. Perkembangan keterampilan motorik anak

Selain perkembangan fisik, Moms juga harus mengamati perkembangan motorik mereka. Di usia 2 tahun, anak biasanya sudah memiliki kemampuan untuk berlari dengan koordinasi yang baik, dan keseimbangan mereka juga mulai meningkat. Bukan hanya berlari, anak juga bisa berlari sambil mengambil objek, melempar bola, serta menendang bola tanpa kehilangan keseimbangan. Sementara untuk kegiatan sehari-hari, mereka juga mulai terampil membuka pintu, memperhatikan buku serta membalik halamannya, bisa menyusun balok mainan, dan siap untuk diajak potty training. 

3. Perkembangan sensorik dan motorik

Pada usia 2 tahun, anak sudah bisa bicara dengan menggabungkan 2 hingga 3 suku kata. Kosa kata mereka juga meningkat menjadi 50 hingga 300 kata. Jumlah ini cukup bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Jumlah kosa kata yang semakin banyak, membuat anak mulai bisa berkomunikasi mengungkapkan apa yang mereka mau. Misalnya saja saat ingin ke toilet, ingin minum karena haus, dan merasa lapar, anak sudah bisa menyampaikannya dengan jelas. 

Nah, itu tadi perkembangan anak usia 2 tahun yang perlu ibu muda tahu. Semoga si Kecil sudah menguasai semua perkembangan tersebut ya, Moms!