Sebetulnya pertumbuhan gigi anak sudah dimulai sejak baru lahir. Di masa pertumbuhan ini, setiap gigi memiliki masa pertumbuhan yang berbeda-beda. Menurut laman pregnancybirthbaby.org.au, bayi umumnya dilahirkan dengan 10 gigi yang dikenal sebagai gigi primer. Pertumbuhan gigi ini dimulai dari gusi saat usia 6 bulan. Kemudian semua gigi akan muncul saat anak berusia 2 sampai 3 tahun. Supaya lebih jelas, berikut tahapan pertumbuhan gigi anak yang harus Moms tahu!

pertumbuhan gigi anak

1. Bayi Umur 5 Bulan

Umumnya bayi mulai tumbuh gigi di usia ini. Di masa ini, gigi bayi mulai muncul sehingga menyebabkan gigi bengkak , kemerahan, dan anak sakit gigi

2. Bayi Usia 6 Bulan

Di usia 6 hingga 7 bulan, gigi pertama bayi sudah mulai muncul. Biasanya gigi pertama yang muncul adalah 2 gigi seri depan pada rahang bawah. Dua gigi ini bisa muncul bersama-sama. Saat gigi ini sudah mulai muncul, Moms bisa membersihkan gigi bayi dengan menyeka menggunakan kain bersih usai menyusu.

3. Bayi Usia 7 Bulan

Di usia 7 bulan, dua gigi depan di rahang atas akan muncul. Namun ada juga beberapa bayi yang mengalami pertumbuhan gigi ini di usia 6 hingga 8 bulan. Di usia ini juga, Moms sudah bisa memberi bayi makanan padat. 

4. Bayi Usia 9-16 Bulan

Pada usia ini, gigi yang tumbuh adalah gigi seri depan bagian atas, lalu diikuti dengan gigi di samping gigi seri bawah. Umumnya gigi akan tumbuh secara berpasangan di atas dan bawah, dua di sisi kanan dan sisi kiri. 

5. Bayi Usia 14 Bulan

Di usia 14 bulan, gigi geraham pertama bayi akan muncul di bagian rahang bawah dan atas dalam waktu bersamaan. Pada kasus yang berbeda, ada bayi yang sudah memiliki gigi geraham pada usia 12 bulan, namun ada juga yang muncul di usia 15 bulan. 

6. Balita Usia 18 Bulan

Pada balita usia 18 bulan, mulailah muncul gigi taring, yaitu gigi taring atas atau bawah. Sebetulnya tumbuhnya gigi taring ini berbeda-beda pada anak, mulai usia 16 hingga 22 bulan. 

7. Balita Usia 24 Bulan

Memasuki usia 24 bulan atau 2 tahun, gigi geraham di bagian belakang pada rahang bawah sudah mulai tumbuh. Disusul dengan gigi geraham kedua pada rahang atas yang akan tumbuh pada usia 26 bulan. Pertumbuhan gigi anak ini bervariasi, ada yang lebih cepat atau lambat.