Kehadiran gadget seperti handphone dan sebagainya membuat anak kecanduan, sehingga menyebabkan mereka malas untuk bergerak dan melakukan aktivitas di luar ruangan. Salah satu cara untuk melepasnya dari rutinitas tersebut dengan mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas di alam terbuka. Beraktivitas di ruang terbuka termasuk kegiatan edukatif karena anak bisa bermain sekaligus belajar dan menambah pengalaman baru. Berikut deretan aktifitas yang bisa dilakukan di luar ruangan bersama anak.

1.   Mengunjungi Kebun Binatang

aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruang bersama anak

Mengajak anak jalan-jalan ke kebun binatang memiliki banyak manfaat. Objek wisata ini mengajarkan anak untuk belajar mengetahui hal baru terutama tentang makhluk hidup. Berwisata ke kebun binatang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak, mengenal berbagai jenis binatang dan habitatnya, serta meningkatkan hubungan antara orang tua dan si kecil.     

2.   Bermain di Taman

aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruang bersama anak

Hampir sebagian besar taman yang ada di kota besar dirancang sebagai RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Biasanya RPTRA dilengkapi dengan wahana permainan seperti jungkat-jungkit atau seluncuran, dan sarana olahraga. Aktivitas anak luar ruangan seperti di taman bertujuan agar tubuh si kecil dapat bergerak aktif.  

3.       Bersepeda

Bersepeda termasuk aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruangan bersama anak. Kegiatan ini menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan sendi, membuat tubuh jadi lebih bugar, serta meningkatkan sistem imun. Mengajak bersepeda di taman atau sekitar rumah juga bermanfaat bagi kehidupan sosial anak dalam hal komunikasi dengan teman-temannya atau para tetangga.

4.       Piknik di Pantai

Mengatasi rasa bosan bermacam-macam, salah satunya bisa dengan melakukan aktifitas anak luar ruangan seperti bepergian ke pantai. Selain bisa bermain, anak dapat mengeksplorasi hal baru. Membawanya ke pantai mampu membangun ketertarikannya terhadap alam. Selain itu, air di pantai juga bermanfaat dan bisa mengurangi iritasi kulit. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di luar ruang bersama anak ketika di pantai yakni mengumpulkan kerang/keong, bermain bola, hingga berenang.

Selain keempat kegiatan diatas, apakah ada ide aktivitas anak luar ruangan yang biasa Anda lakukan bersama si kecil? Saling berbagi yuk di kolom komentar!