Bagi ibu pekerja, meluangkan waktu bersama si kecil saat akhir pekan menjadi agenda wajib. Tentu saja aktivitas menyenangkan bersama anak banyak pilihannya. Selain mempererat hubungan satu sama lain, manfaat bermain bersama si kecil juga bisa membantu tumbuh kembang mereka. Lalu apa saja aktivitas menyenangkan bersama si kecil di akhir pekan yang juga bisa mendukung pertumbuhan mereka? Berikut rangkumannya.

1. Agenda masak bareng

Anda suka membuat camilan atau kudapan untuk si kecil. Ini waktunya Anda mengajak mereka untuk ikut serta dalam memasak. Tak harus perempuan, anak laki-laki juga bisa diajak membuat adonan kue, menimbang bahan, hingga memotong hasil kudapan yang dibuat. Saat bersama di dapur, pastikan si kecil jauh dari zona berbahaya. Seperti kompor, oven, pisau, gunting dan peralatan lain yang bisa melukai buah hati Anda.

Aktivitas Menyenangkan Bersama Anak

2. Berkebun

Aktivitas menyenangkan bersama anak berikutnya adalah berkebun. Beruntung jika Anda memiliki lahan di depan rumah agar tidak perlu jauh-jauh untuk melatih si kecil mengenal lingkungan. Ajak mereka untuk menanam benih atau menyiram bunga. Aktivitas anak ini juga dapat membantu pertumbuhan motorik mereka. Pastinya, Anda memberikan kebebasan untuk si kecil dalam bereksplorasi demi berkembangnya si buah hati.

aktivitas anak

3. Berkemah

Aktivitas menyenangkan bersama anak yang murah meriah dan tak mengeluarkan biaya banyak, salah satunya berkemah. Yap, cukup membangun tenda di halaman rumah. Ajak mereka untuk membantu mendirikan tenda. Jika tidak memiliki tenda, Anda bisa menggunakan selimut atau sprei dan membuatnya di dalam rumah. Pastikan lampu kamar mati sehingga lebih menyenangkan. Anda bisa menyalakan api buatan atau senter. Setelah itu, cobalah bercerita dan bernyanyi untuk menciptakan kenangan manis bagi si kecil.

aktivitas anak

4. Membuat Prakarya

Aktivitas anak yang dapat meningkatkan bonding dengan orang tua berikutnya adalah membuat prakarya. Ajak mereka untuk turut serta membuat benda-benda sederhana, seperti tempat mainan, kotak pensil, dan banyak lagi lainnya. Bebaskan mereka untuk memilih warna, bentuk dan hiasan demi meningkatkan kreativitas dan daya imajinasinya.