Bola adalah salah satu mainan yang digemari banyak anak-anak, baik itu anak perempuan maupun anak laki-laki. Pasti di rumah si Kecil punya setidaknya 1 buah bola bukan? Permainan sederhana yang bisa dilakukan dengan bola di rumah adalah lempar bola. Ibu bisa melakukan permainan ini di dalam kamar atau taman bersama si kecil untuk membuatnya tetap aktif dan tidak mudah bosan. 

Meski sederhana, ternyata permainan lempar bola punya banyak manfaat lho untuk anak. Apa saja sih manfaat yang didapat dengan permainan lempar bola ini? Simak ulasannya berikut!

1. Meningkatkan konsentrasi

Cara bermainnya adalah dengan meminta anak untuk melempar bola karet tepat mengenai titik tengah papan target yang sudah ibu susun. Dengan begitu anak akan melihat dengan seksama titik mana yang harus dibidik dalam kurun waktu tertentu. Momen inilah yang membuat anak belajar berkonsentrasi. 

2. Menguatkan otot-otot tubuh

Bermain lempar bola dapat meningkatkan otot-otot tubuh, terutama otot tangan dan kaki. Jika ingin melempar dengan benar, maka anak harus memegang dan melambungkan bola dengan kekuatan tangan tertentu. Ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan motorik anak. 

3. Melatih koordinasi

Bermain bola juga dapat membantu melatih koordinasi antara mata, tangan, dan kaki. Misalnya melihat titik atau wadah tempat bola berakhir sambil melempar, secara otomatis telah melatih koordinasi antara mata, tangan dan kaki..

4. Melatih bersosialisasi

Permainan lempar bola tidak bisa dilakukan sendirian, minimal 2 orang. Oleh karena itu, sambil bermain lempar bola, anak bisa belajar bersosialisasi dengan temannya. 

5. Membangun rasa percaya diri

Dengan bermain bola dapat membuat anak jadi lebih percaya diri, apalagi kalau mereka dapat melakukannya dengan baik dan mendapatkan apresiasi dari orang tua.

6. Melatih anak melakukan perhitungan yang tepat

Permainan bola dapat melatih anak untuk bisa memperhitungkan sesuatu dengan tepat. Misalnya saja saat dia harus membuat perkiraan tentang sejauh mana ia bisa melempar dan berapa banyak kekuatan yang harus dikumpulkan agar sesuai dengan sasaran. 

7. Membuat anak jadi aktif dan sehat

Melempar bola adalah kegiatan sederhana, tapi bisa dilakukan dengan berbagai macam modifikasi agar anak tidak bosan dan tetap aktif. Umumnya juga bermain lempar bola dilakukan di outdoor, sehingga anak lebih banyak dan bebas bergerak. Ini membuat fisik mereka jadi lebih sehat.