Pengetahuan anak tidak hanya didapat dari sekolah. Anda bisa mengajarkannya banyak hal dengan kegiatan menyenangkan di luar lingkungan sekolah. Seperti Kegiatan edukatif yang dapat dilakukan bersama orang tua di rumah. Simak apa saja daftar kegiatan edukatif untuk tumbuh kembang anak yang berkualitas berikut.

1.   Olahraga

daftar kegiatan edukatif untuk tumbuh kembang anak

Memanfaatkan waktu liburan dengan berolahraga dapat memacu tumbuh kembang anak secara optimal. Olahraga ringan seperti senam jasmani berguna bagi masa pertumbuhan anak. Selain senam, Anda bisa mengajaknya untuk bermain bulu tangkis, bersepeda, lompat tali, dan sebagainya. Manfaat dari berolahraga tidak hanya melatih fisik namun juga mampu meningkatkan kinerja otak.  

2.   Menggambar

daftar kegiatan edukatif untuk tumbuh kembang anak

Aktivitas menggambar termasuk salah satu daftar kegiatan edukatif untuk tumbuh kembang anak. Jika hobi anak adalah menggambar, ada beberapa manfaat positif yang bisa didapat. Menggambar membantu melatih keterampilan motorik halus anak (sensori-motorik), kreativitas, kognitif (mengenal bentuk dan warna), serta mengasah imajinasi.

3.       Membuat Prakarya

Berkreasi dengan membuat prakarya dari barang bekas juga salah satu kegiatan edukatif. Barang-barang yang tidak terpakai dihias seunik dan secantik mungkin agar bisa digunakan kembali. Membuat keterampilan mengajarkan si kecil dalam berkreativitas, melatih kesabaran, dan belajar menghemat sejak dini.

4.       Berkebun

Masa anak-anak dipenuhi oleh rasa keingintahuan yang besar terhadap sesuatu terutama dunia luar. Anda dapat memuaskan rasa ingin tahunya dengan mengajak untuk berkebun di rumah. Ajarkan dari hal sederhana seperti menyiram hingga menanam. Kegiatan edukatif bercocok tanam akan memberikan pengalaman baru. Anak dapat belajar mengenal berbagai tanaman, sayur, bagaimana cara merawat tumbuhan, hingga melatih kesabarannya. Ketika ingin berkebun, jauhkan dari benda atau bahan kimia yang dapat membahayakan anak.  

5. Belajar Tentang Tanggal

Kegiatan edukatif lainnya adalah dengan belajar tanggal dan penanggalan. Anda bisa membuat kalender khusu untuk anak yang dilengkapi dengan stiker ataupun poster gambar kesukaan. Setiap pagi, ajaklah anak untuk menandai tanggal dengan stiker kesukaan mereka. Belajar tentang tanggal juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan tentang angka, dan matematika dasar seperti penjumlahan atau pengurangan.