Liburan panjang paling ditunggu-tunggu oleh si kecil yang sudah berada di masa sekolah. Umumnya, mereka mengharapkan dapat bermain sepuasnya tanpa henti. Banyak sekali Tempat bermain anak namun, sebaiknya Anda menemani mereka sehingga kegiatan anak dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang. Nah, berbagai kegiatan anak untuk mengisi liburan yang bisa dijadikan ide antara lain ada di bawah ini diantaranya.

1. Beraktivitas seperti biasanya

Mengetahui liburan, biasanya anak mulai malas untuk bangun pagi dan pergi mandi. Untuk menyiasati anak bermalas-malasan sepanjang hari, Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Bangunkan mereka tetap di jam seperti biasa dan minta mereka segera mandi. Selain menghindari sifat malas, mereka juga bisa bersemangat untuk mengawali hari. 

2. Merapikan kamar dan bersih-bersih rumah

berbagai kegiatan anak untuk mengisi liburan

Setelah mandi dan bersih-bersih badan, jangan biarkan mereka untuk bermain terlebih dulu. Bebankan tanggung jawab kecil yang juga bisa melatih perkembangan mereka. Salah satunya merapikan kamar tidur sendiri. Jika usia si kecil hampir menginjak dewasa, tak perlu ragu untuk meminta mereka membantu bersih bersih rumah. Seperti menyapu atau mengelap meja. 

3. Memasak kue bersama

Kendati sudah sarapan, terkadang perut si kecil masih gatal ingin menambah camilan. Dari pada beli, Anda bisa mengajak mereka untuk memasak kue bersama. Libatkan si kecil untuk menakar bahan, mencampur adonan, hingga memotong kue. Kegiatan kecil ini dapat merangsang pertumbuhan motorik yang baik. Mereka juga mendapatkan memori masa kecil yang menyenangkan. Tentu saja, hindarkan mereka dari benda-benda di dapur yang tajam atau berbahaya.

4. Jalan-jalan ke taman

berbagai kegiatan anak untuk mengisi liburan

Seharian di rumah membuat si kecil cepat bosan. Kegiatan anak yang bisa dilakukan adalah pergi ke taman. Bisa taman di dekat tempat tinggal atau taman kota. Kenalkan mereka dengan berbagai hal di luar rumah untuk memperkaya pengetahuan. Bebaskan si kecil untuk mencoba berbagai permainan yang tersedia di taman seperti perosotan dan ayunan. Ajarkan mereka untuk mengenal kegiatan yang positif dengan cara yang menyenangkan.