Perkembangan otak anak dapat dimaksimalkan bukan hanya dengan membaca atau edukasi formal. Ada banyak kegiatan edukasi anak yang bisa dilakukan di rumah dengan cara-cara seru untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil. 

Kegiatan edukasi anak ini tidak hanya efektif untuk menunjang perkembangan otak anak namun juga dapat menguatkan hubungan antara orang tua dan anak. Intip yuk 5 ide edukasi anak dengan kegiatan yang mengasyikan yang bisa Moms coba terapkan di rumah. 

1. Masak-masakan

edukasi anak dengan kegiatan yang mengasikan

 Ajak si Kecil untuk bermain masak-masakan dengan Anda. Biarkan ia berpura-pura memasukan bahan masakan dan memasak. Permainan ini membuat si Kecil mengembangkan kemampuan pra-literasinya. Permainan dengan unsur berpura-pura ini sama seperti kegiatan membaca dan termasuk sebagai aktivitas mengabstraksi.

2. Bermain Blok

edukasi anak dengan kegiatan yang mengasyikan

Kegiatan edukasi anak yang lain adalah bermain blok. Permainan menyusun blok akan bisa mengembangkan daya eksperimen anak Anda serta memperkaya ide di dalam pikirannya. Anda bisa mengajaknya seperti membangun sebuah bentuk atau mengelompokkan warna dengan blok. Cara edukasi anak yang menyenangkan ini ternyata merupakan dasar dari cara berpikir ilmiah. Permainan blok juga bisa membantu menstimulasi perkembangan motorik anak Anda.

3. Pasir dan Air

Ajak anak Anda bermain pasir untuk mengajarkannya tentang volume, tekstur dan kepadatan. Berikan juga peralatan untuk bermain pasir seperti cetakan pasir dan sejenisnya. Anda akan melihatnya terkesima beberapa saat dan mulai mengeksplorasi permainan ini. Bersama si Kecil, Anda bisa membangun kastil, membuat rumah-rumahan, atau membuat replika benda-benda di sekitar rumah. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan anak untuk belajar mendeskripsikan bentuk benda. 

4. Petak Umpet

 Permainan petak umpet merupakan cara menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan si Kecil untuk mengenal ruang. Selain itu, kegiatan edukasi anak ini juga bisa mengenalkannya kepada navigasi dan pemetaan ruang serta meningkatkan kemampuannya untuk memprediksi.

5. Bermain Kostum

Bermain kostum adalah salah satu permainan edukasi anak yang cukup jadi favorit. Tidak perlu menyediakan kostum khusus untuk melakukan permainan ini. Ajak anak Anda untuk mengembangkan daya imajinasinya dengan memakai koleksi pakaiannya. Permainan ini bisa meningkatkan daya imajinasi, kreativitas dan bahkan membuat si Kecil memiliki kontrol lebih baik pada sarafnya.