Liburan seru nggak selalu harus diwujudkan dengan jalan-jalan ke luar negeri loh, Mom! Anda bisa memberikan liburan seru yang tak terlupakan bersama si Kecil meski hanya di rumah saja. Lantas seperti apa sih kegiatan liburan anak di rumah yang menyenangkan? 

Isi liburan dengan berbagai kegiatan anak dirumah

Isi liburan dengan berbagai kegiatan anak dirumah supaya hubungan Anda dan si Kecil akan semakin dekat. 

1. Movie Marathon

Supaya tidak terkesan hanya menonton, Moms bisa membuat setting rumah layaknya sebuah bioskop. Manfaatkan meja di rumah sebagai loket kemudian bermain peran dengan menjadi petugas penjual karcis. Jangan lupa sediakan cemilan dan juga popcorn untuk menemani waktu nonton. 

2. Belajar Menghias Kue

Menghias kue bisa jadi kegiatan liburan anak di rumah yang asik untuk menghilangkan rasa bosan. Anda bisa membuat kue mangkok atau kue kecil lainnya kemudian membuat perlombaan menghias kue. Sediakan hiasan berupa chocochip, krim kocok, gula aneka warna, atau meses. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengikuti perlombaan menghias kue ini. 

3. Kemping 

Kemping kini tidak harus selalu dilakukan di ruang terbuka. Anda bisa mengajak si Kecil kemping di dalam rumah dengan alat-alat sederhana. Memanfaatkan kain sprei yang diletakkan di bagian atas tatanan bangku. Kemudian si kecil pun bisa bermain di bawahnya layaknya sebuah tenda. Anda juga bisa mematikan lampu kemudian menggunakan senter supaya suasana kemping makin terasa. 

4. Fashion Show

Ini adalah kegiatan liburan anak di rumah yang sangat cocok dilakukan bersama anak perempuan. Fashion Show sekaligus mengajarkan anak untuk memahami apa sih definisi cantik itu sebetulnya. Ijinkan si Kecil untuk bereksperimen dengan baju-baju yang mereka miliki. Ajarkan juga cara merias diri yang sederhana. Kemudian siapkan berbagai lampu warna-warni di lantai, putar musik dengan tempo cepat supaya penampilan si Kecil semakin semarak. 

Isi liburan dengan berbagai kegiatan di rumah ini dapat memicu hormon oksitosin dan dopamin yang mengaktifkan perasaan senang dan tenang. Selain kegiatan edukatif di atas, Anda juga bisa mengajak aktivitas anak luar ruangan seperti olahraga atau berkebun.