Menyenangkan dan seru adalah salah satu aktivitas yang disukai oleh anak. Membuat kegiatan menarik untuk anak memang tidak mudah apalagi bagi anak balita. Salah satu kegiatan untuk anak balita yang seru adalah aktivitas untuk meningkatkan multisensori yang melibatkan lebih dari 1 panca indera anak-anak. Para pakar pendidikan percaya jika aktivitas multisensori merupakan alternatif yang lebih produktif daripada belajar atau bermain dengan gawai. Terutama jika diterapkan secara rutin pada anak usia di bawah 3 tahun. Yuk, intip seperti apa sih aktivitas multisensori yang bisa Anda terapkan di rumah!

kegiatan untuk anak balita

1. Melukis Dengan Jari

Salah satu kegiatan menarik untuk anak yang paling awal dilakukan adalah melukis dengan jari. Kegiatan ini dapat membantu memperkenalkan tekstur, warna, dan aroma pada balita berusia dibawah 3 tahun. Namun ada baiknya Anda membuat sendiri cat yang edible dan aman apabila termakan. Caranya dengan mencampurkan tepung maizena, air, dan pewarna makanan.

2. Bermain Dengan Beras

Selain untuk konsumsi, beras juga bisa jadi alternatif pengganti pasir atau tanah yang biasanya digunakan sebagai alat aktivitas multisensori. Menariknya, beras dapat diwarnai dan ditambahkan aroma atau perasa makanan. Dengan beras yang sudah diwarna tersebut, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas multisensori seperti menggali harta karun.

3. Menggali Dinosaurus

Anak-anak mana yang tidak suka dengan dinosaurus? Hewan purbakala ini adalah salah satu hewan favorit anak laki-laki. Dengan boneka dinosaurus, Ana bisa mengenalkan jenis-jenis hewan purba sekaligus mengajarkan huruf pada anak. Caranya siapkan ember yang sudah diisi pasir kemudian sembunyikan beberapa mainan dinosaurus yang sudah ditempelkan dengan huruf. Minta si Kecil untuk menggali pasir, lalu mengelompokkan dinosaurus yang memiliki jenis huruf sama. 

4. Gali Harta Karun Dalam Jelly

Untuk membuat acara ngemil bersama si Kecil makin seru, Anda bisa membuat permainan temukan harta karun dalam jelly. Cukup buat jelly atau agar-agar, kemudian siapkan cetakan yang lebih besar, masukkan potongan buah atau permen dengan bentuk menarik. Nantinya ketika jelly atau agar-agar sudah terbentuk, Anda bisa mengajak si kecil untuk menebak apa sih isi di dalam jelly tersebut. Seru kan permainan edukasi anak ini, Moms?