Membangun kekompakan bersama si kecil bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan bersama yang mengasyikkan. Menurut buku ‘Fun and Learning for Parents and Children An Activities Handbook’ yang ditulis oleh Joseph Azar, kegiatan orang tua dan anak yang dapat membangun kekompakan bisa dilakukan di dalam atau di luar rumah. Menemani dan ikut bermain termasuk salah satu kegiatan yang dilakukan bersama ayah, bunda, dan si kecil. Simak aktivitas apa saja yang bisa membangun kekompakan keluarga.

1.   Membaca Buku

kegiatan yang dilakukan bersama ayah, bunda dan Si Kecil

Kegiatan edukatif seperti membaca buku berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak. Buku yang digunakan bisa bermacam-macam, mulai dari buku dongeng, cerita legenda, atau pengetahuan lainnya. Kebiasaan baca buku dapat melatih konsentrasi, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, serta membangun hubungan erat orang tua dan anak.  

2.   Menggambar dan Mewarnai

kegiatan yang dilakukan bersama ayah, bunda dan Si Kecil

Kegiatan orang tua dan anak seperti menggambar atau mewarnai dapat merangsang kreativitas si kecil. Tak hanya berfungsi sebagai media untuk berekspresi, aktivitas ini mampu mengembangkan kemampuan motorik serta meningkatkan konsentrasi anak. Biarkan anak menggambar sesuai imajinasi mereka dan berikan krayon atau pensil warna agar ia bisa mengenal serta belajar mengkombinasikan warna.

3.       Memasak

Melibatkan anak dalam kegiatan dapur sangat bagus bagi perkembangan psikologisnya. Kegiatan yang dilakukan bersama ayah, bunda, dan si kecil seperti memasak mengajarkannya untuk mandiri dalam menyiapkan sebuah makanan. Anak juga belajar membedakan aroma, rasa, bumbu, dan bahan makanan. Efeknya, indera penciuman dan sensitivitas rasa anak menjadi lebih baik dan semakin tajam.

4.       Piknik

Rekreasi seperti piknik adalah kegiatan yang dilakukan bersama ayah, bunda, dan si kecil di ruang terbuka. Mengajaknya piknik di taman membuat anak-anak jadi lebih fresh bantu ia merasakan pengalaman baru. Cobalah melakukan kegiatan orang tua dan anak seperti bermain pasir, petak umpet, dan sebagainya yang berguna untuk mengasah kreativitas si kecil.

5. Menyikat Gigi

Kamar mandi bisa jadi tempat yang tepat untuk mengajarkan anak mengenai kebersihan. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas sikat gigi bersama. Ajarkan si kecil untuk menyikat gigi di depan cermin, sekaligus belajar tentang ekspresi wajah.