Usia 2 tahun adalah usia emas anak-anak. Pada usia 2 tahun, Anak-anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi kemampuan ataupun karakternya. Agar perkembangan anak usia 2 tahun ini maksimal, salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah memberikan mainan yang bisa membantunya berkembang secara optimal. Mainan untuk anak 2 tahun seperti apa sih yang bisa membuat perkembangan mereka optimal?

Mainan Untuk Anak 2 tahun

1. Stacking toys

Stacking toys adalah jenis permainan dimana anak diminta untuk menyusun bentuk dari ukuran yang terbesar hingga terkecil. Bentuk permainan ini macam-macam, ada yang menyusun gelas, bentuk lingkaran, dan juga bentuk menarik lainnya. Salah satu manfaat mainan stacking toys adalah mengasah kemampuan spesial anak. Anak bisa belajar mengenal warna, ukuran, serta bagaimana cara memecahkan masalah. 

2. Bermain Balok

Menyusun mainan Lego atau Dupo pasti jadi hal yang seru bagi anak. Dua jenis mainan untuk anak 2 tahun ini memang paling digemari oleh anak-anak. Moms bisa berikan balok berukuran besar untuk mengurangi resiko tersedak bila anak berusia lebih kecil. Pilih juga jenis permainan yang memiliki warna cerah dengan bahan non-toxic paint. Manfaat permainan ini adalah si Kecil bisa bermain sambil belajar mengenal warna dan bentuk. Mereka juga bisa melatih kesabaran karena membentuk suatu bangunan butuh waktu. 

3. Bermain Bola

Bola adalah permainan klasik yang disukai oleh semua anak. Bola juga cocok sebagai mainan anak 1 tahun. Cara bermain bola juga sangat mudah. Moms bisa bermain bola dimana saja dan kapan saja, baik indoor atau outdoor. Si Kecil juga bisa bermain bersama teman lainnya. Dengan bermain bola, baik itu melempar, menendang atau menangkap dapat melatih motorik anak. Mereka juga bisa mengenal warna dan belajar berkelompok. 

4. Bermain masak-masakan

Ini adalah permainan yang menarik minat anak perempuan. Mainan ini adalah salah satu mainan yang everlasting, sehingga kamu nggak perlu sering-sering dibelikan mainan masak-masakan model baru untuk si Kecil. Manfaat mainan ini adalah mengasah imajinasi anak, sekaligus meningkatkan kreativitasnya. Mereka bisa bermain masak-masakan sendirian maupun bersama teman mereka. Jika bermain bersama teman, maka secara tidak langsung mengajarkan si Kecil bagaimana caranya berbagi dengan teman. Manfaat lainnya, mereka bisa belajar nama makanan, hingga peralatan dapur.