Kreativitas anak yang satu dengan lainnya tentu saja berbeda. Ada anak yang punya kreativitas dibidang seni musik, ada yang kreatif melukis atau menggambar, atau bahkan ada yang punya kreativitas dalam menulis. Jadi jangan dipaksa dan disamakan ya, Moms!

Kreativitas ini adalah salah satu potensi yang sangat penting dimiliki anak sejak dini. Karena kreativitas memiliki pengaruh yang sangat besar dalam aspek perkembangan anak, baik itu kecerdasan kognitif, emosional, hingga pole berpikir. Moms, bisa mengasah kreativitas si Kecil sejak dini dengan beberapa cara berikut.

1. Sediakan tempat khusus bagi anak untuk berkreasi

Salah satu cara membuat anak jadi kreatif adalah dengan memberikan tempat khusus bagi mereka untuk berkreasi. Nggak harus ruangan khusus kok, bisa berupa meja belajar dan kursi kemudian siapkan saja hal-hal yang mereka suka, misalnya saja kerta gambar, pensil, crayon, atau spidol. Cara ini bisa memudahkan anak bila mereka tiba-tiba saja mendapatkan ide, ia bisa langsung mengerjakan di meja belajarnya. 

2. Batasi pemakaian gadget

Gadget memang menjadi salah satu barang yang saat ini susah terpisah dari anak. Tapi, demi meningkatkan kreativitas anak, Moms harus menghindarkan si kecil dari pemakaian gadget terlalu lama. Membatasi pemakaian gadget akan membuat anak belajar berinteraksi dengan lingkungan untuk menemukan hal-hal yang mereka minati dan membuat penasaran. Biasanya dari sinilah kreativitas baru bisa muncul pada si Kecil 

2. Biarkan anak merasa bosan

Kenapa harus membuat anak jadi bosan? Ini adalah salah satu cara yang bisa Moms lakukan supaya si Kecil bisa mendapatkan inspirasi baru. Ketika bosan, anak punya kecenderungan untuk memutar otak bagaimana cara agar mereka bisa keluar dari kebosanan tersebut. So, stop selalu memberikan petunjuk, sesekali biarkan mereka menemukan inspirasi sendiri. 

4. Biarkan anak menentukan hal yang menjadi minat mereka

Meningkatkan kreativitas anak juga bisa dengan cara memberikan kesempatan [ada mereka untuk mengekspresikan dan memilih kegiatan yang mereka sukai. Jangan memaksakan apa yang Moms suka, anak juga harus suka, padahal belum tentu si Kecil menyukai apa yang Moms suka. Salah satu cara menemukan minat anak adalah dengan melakukan kegiatan orang tua dan anak sambil membuat daftar tentang hal-hal yang diminatinya. Jika sudah menemukan apa yang anak suka, Moms bisa membuat konsep kegiatan yang menyenangkan bersama si Kecil.