Dalam kehidupan sehari-hari, kekuatan motorik halus juga bisa membuat anak menjadi sosok yang lebih mandiri. Mereka jadi bisa memasang kancing pakaian sendiri, makan dengan sendok, dan berbagai kegiatan merawat diri lainnya. Ini jadi alasan mengapa kekuatan motorik perlu dilatih sejak anak memasuki jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain di PAUD, ternyata banyak kegiatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk melatih kekuatan motorik halus si Kecil. Ini dia daftar kegiatan tersebut!

1. Mewarnai dan menggambar

kekuatan motorik

Kegiatan sederhana yang pertama adalah mewarnai dan menggambar. Menggambar dan mewarnai bukan hanya sekedar untuk melatih imajinasi dan kreativitas tetapi juga melatih anak belajar memegang pensil dengan benar. Goresan anak saat mewarnai ataupun menggambar membutuhkan koordinasi mata dan otot halus pada tangan. Moms bia ajarkan si Kecil untuk memegang pensil atau krayon dengan benar sebagai langkah awal. 

2. Melipat kertas

Di rumah, Moms bisa sediakan potongan kerta warna-warni untuk dilipat dengan berbagai bentuk. Kegiatan sederhana ini bisa melatih otot jari dan tangan si kecil. Sebagai awalan, Moms bisa ajarkan dengan membuat lipatan-lipatan sederhana dulu, misalnya saja melipat bentuk persegi panjang yang hanya membutuhkan satu langkah lipatan atau membuat sapu tangan berbentuk persegi dengan dua langkah lipatan.

3. Menggunting kertas

Sebagai permulaan, Moms bisa menyediakan gunting dan kertas di rumah. Kemudian biarkan si kecil bebas membuat guntingan di kertas tersebut. Selanjutnya, di tahapan yang lebih sulit, Moms bisa menggambar sebuah bentuk pada selembar kertas kemudian minta anak untuk menggunting kertas sesuai dengan bentuk tersebut. Aktivitas ini memiliki banyak manfaat seperti melatih koordinasi tangan dan mata, menstimulasi kekuatan jari, melatih kesabaran, meningkatkan ketelitian, dan meningkatkan rasa percaya diri. 

4. Bermain Playdoh

Bermain playdough atau lilin lunak dapat membantu merangsang kekuatan motorik halus anak. Ketika anak meremas playdough menjadi sebuah bentuk, maka saat itulah otot tangan dan mata mereka berkoordinasi sehingga perkembangan motorik dapat meningkat. 

Selain empat kegiatan tersebut, Moms juga bisa melatih kekuatan motorik halus anak dengan cara meronce atau menempel kertas. Selamat mencoba!