Menurut riset dari sebuah brand, First Choice yang melibatkan para orang tua di Inggris. Disebutkan bahwa hampir 50% anak-anak usia 6 tahun belum bisa naik sepeda. Salah satu penyebab terjadinya hal ini karena orang tua tidak punya waktu untuk mengajari sang buah hati. Belajar bersepeda untuk si kecil memang bukan hal mudah tapi kegiatan ini bisa menjadi waktu bonding tersendiri bersama anak. Jika ibu saat ini berencana untuk belajar sepeda bersama anak, ada beberapa cara yang bisa diterapkan, simak yuk!

1. Jangan memakai sepeda baru, gunakan sepeda bekas

Kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah memberikan sepeda baru ketika anak sedang ingin belajar sepeda. Ini malah membuat anak merasa kagok karena belum terbiasa. Sebaiknya gunakan sepeda lama yang biasa ia naikini, seperti sepeda roda 4 miliknya dulu. Saat anak sudah siap belajar sepeda roda dua, ibu bisa melepas roda yang berada di kiri dan kanan. Setelah cukup lancar memakai sepeda roda dua, baru deh ibu bisa membelikan sepeda baru. 

belajar Sepeda
belajar Sepeda

2. Gunakan sepeda dengan ukuran yang lebih kecil

Cara belajar sepeda ini berbeda dengan metode kebanyakan. Anak akan belajar untuk menyeimbangkan sepeda lebih dulu sebelum untuk belajar mengayuh pedal dan mengarahkan stang. Gunakan sepeda yang lebih kecil atau turunkan lebih jok sepeda lebih rendah agar kaki anak bisa mudah menapak tanah. Setelah mereka terbiasa dengan keseimbangan, ibu bisa mulai meninggikan joknya agar lebih nyaman. 

3. Gunakan roda tambahan

Umumnya sepeda untuk para pemula ini dilengkapi dengan dua roda tambahan di sebelah kiri dan kanan. Fungsi kedua roda ini dapat membantu si kecil menjaga keseimbangan saat bersepeda. Metode ini membuat anak bisa belajar mengarahkan pedal sepeda pertama tanpa khawatir harus menjaga keseimbangan sepeda. Ia juga bisa sambil belajar cara mengayuh dan menguasai kemudi. Nantinya secara bertahap mereka bisa meninggalkan roda tambahan tersebut saat sudah cukup stabil. 

Belajar sepeda baik untuk membuat anak aktif, menjaga kesehatan fisik dan juga mental anak. Selain bersepeda, ibu juga bisa mengajak anak belajar berenang. Bukan hanya baik dari segi kesehatan tubuh, berenang juga bisa buat anak cepat tinggi.