Komunikasi adalah salah satu skill penting yang dibutuhkan setiap orang, bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Oleh karena itu anak harus memiliki kemampuan bicara yang lancar dan baik. Secara umum, anak bisa berceloteh saat usia 4 hingga 6 bulan. Kemudian kemampuan bicara mereka bertambah seiring usia. Meski demikian, ibu tetap harus mengetahui cara melatih anak berbicara agar anak tidak terlambat bicara. 

1. Sering mengajak anak ngobrol

cara agar anak cepat bicara

Sering-sering mengajak anak bicara bisa jadi salah satu cara agar anak cepat berbicara. Otak anak mengalami perkembangan pesat selama bayi hingga balita. Ibu bisa mulai dengan mengamalkan nama-nama benda yang sering anak pegang. Meski belum paham 100 persen, kosakata tersebut terekam dalam otak mereka. Semakin usia anak bertambah, semakin banyak pula kosakata yang harus ibu ajarkan 

2. Rajin membacakan dongeng

Cara melatih anak berbicara lancar bisa juga dengan hal-hal menyenangkan seperti membacakan dongeng dengan rutin. Bukan hanya memperkaya kosakata, aktivitas ini juga mengenalkan kalimat-kalimat utuh pada anak secara perlahan. Lebih dari itu, membacakan buku cerita atau dongeng juga bisa meningkatkan momen bonding antara ibu dan anak sekaligus menstimulasi anak agar suka dengan buku. 

3. Mengajak anak bermain permainan edukatif

Dengan bermain, ini juga bisa jadi salah satu cara agar anak cepat bicara loh. Ibu bisa mengajak si Kecil permainan edukatif seperti meminta mereka untuk menebak nama-nama benda yang tergambar pada kartu untuk memperkaya kosa katanya. Komunikasi yang ibu lakukan dengan anak selama bermain juga bisa meningkatkan kemampuan linguistik si Kecil. 

4. Membatasi penggunaan gadget

Membatasi penggunaan gadget pada anak juga bisa jadi salah satu cara agar anak cepat bicara. Pasalnya, gadget sendiri dapat mempengaruhi proses belajar bicara anak. Beberapa anak bahkan mengalami keterlambatan bicara karena terlalu sering menggunakan gadget. 

5. Mengajak anak bernyanyi

Cara melatih anak berbicara lainnya adalah dengan mengajak bernyanyi. Menyanyi dapat memperkaya kosakata anak. Mereka pun bisa berlatih bicara dengan cara menirukan lagu yang ia sukai. Ada banyak pilihan lagu anak dengan nada yang upbeat dan menyenangkan. Lagu-lagu tersebut tak jarang dilengkapi dengan animasi yang lucu sehingga dapat menarik minat si Kecil. Ibu juga bisa mengajak anak menyanyi sambil menari.