Masa pertumbuhan si kecil dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Sayangnya, tidak sedikit anak susah makan bahkan lebih suka mengonsumsi camilan. Padahal, nutrisi di dalam camilan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuhnya. Belum lagi yang suka bosan dengan rasa dan tekstur nasi. Lalu bagaimana cara menambah nafsu makan si kecil agar tumbuh kembangnya tidak terganggu? Berikut tipsnya. 

anak susah makan
Source : hellosehat.com

1. Sering Makan Bersama dengan Menu yang Sama 

Anak susah makan nasi dan suka pilih-pilih makanan membuat orang tua kelimpungan. Selain harus memutar otak untuk mencari menu yang disukai, waktu yang dihabiskan di dapur terbuang sia-sia. Cara yang dapat dilakukan agar mereka bernafsu makan adalah mengajak makan bersama dengan menu yang sama. Katakan kepada mereka jika rasa makanannya lezat. Hal tersebut mendorong mereka untuk ikut melahap.

2. Bentuk Makanan Lebih Kreatif

Memiliki anak, kreatifitas orang tua sangat diuji. Agar anak bernafsu makan, Anda perlu membuat makanan lebih unik dan membuat si kecil tertarik. Jika menu makanan utama adalah nasi, Anda bisa membentuknya menjadi nasi kepal dengan taburan lauk seperti ayam, daging serta ikan dengan potongan kecil. Bisa juga membentuk dalam cetakan seperti boneka, mobil atau hewan. Sementara jika anak susah makan sayur, bisa diolah lagi menjadi menu lain sehingga tidak terlihat jelas jika menu tersebut tidak disukai anak. 

3. Tambahkan Rasa dengan Takaran Tidak Berlebihan

Makanan untuk anak memang tidak baik jika memakai garam dan gula berlebihan. Apalagi menambah penyedap rasa. Nah, agar si kecil tidak merasa hambar saat melahap makanannya, Anda bisa mengganti nasi untuk memasak dengan kaldu ayam atau daging sapi. Tambahkan pula bumbu atau memakai taburan bawang goreng sehingga aromanya lebih sedap.

4. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Anak susah makan juga dipengaruhi oleh karakter orang tua. Beberapa memaksa mereka untuk menyantap makanan. Bahkan ada yang menyuruh untuk makan dengan cepat. Sebaiknya hindari hal tersebut agar anak nyaman selama makan. Berikan kesempatan mereka untuk menyentuh dan bermain dengan makanan di atas piring. Pastikan suasana menyenangkan tetapi tetap dalam batas wajar 

Tidak sulit untuk membantu menambah nafsu makan si kecil, apalagi bagi anak susah makan. Selain menu utama, buat juga camilan seperti puding atau jus dengan warna-warna favorit mereka.