Saat ini, anak mungkin sudah sangat akrab dengan minimarket. Toko kecil ini kadang seperti surge bagi anak karena mempunyai berbagai macam varian makanan dan cemilan kesukaan anak. Namun tidak semua cemilan sehat untuk anak di minimarket ini. Beberapa cemilan bahkan mengandung banyak gula dan kandungan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan anak. 

Nah, untuk menghindari hal ini, usahakan untuk memilih cemilan sehat bagi si kecil saat mengunjungi minimarket. Cemilan sehat ini maksudnya yang mempunyai kandungan gula tidak terlalu banyak. Ibu juga bisa memperhatikan kandungan pengawet dan bahan-bahan lain sebelum membeli cemilan di minimarket. Untuk itu, kami pilihkan jenis cemilan sehat untuk anak yang bisa ibu beli di minimarket. 

1. Roti 

roti

Cemilan sehat pertama adalah roti yang merupakan sumber protein, vitamin dan mineral. Roti bisa jadi cemilan favorit anak karena mempunyai tekstur yang lembut dan mudah dikunyah. Ada berbagai macam jenis roti yang ada di minimarket dengan rasa yang bervariasi. Ibu bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan si kecil.

2. Biskuit Gandum

Si kecil mungkin akan tertarik dengan rak cemilan biskuit. Nah, ibu bisa mengenalkan biskuit gandum pada si kecil. Meskipun teksturnya agak lebih kasar, biskuit gandum mengandung lebih banyak serat, mineral dan vitamin, mulai dari vitamin B1, B2, B6 dan B12. Gandum utuh juga baik untuk pencernaan si kecil. 

3. Oat, Granola atau Cereal Bars 

Ibu mungkin juga suka akan cemilan ini. Oat, Granola atau Cereal Bar bisa jadi alternatif cemilan sehat anak karena memiliki kandungan yang baik. Selain itu biasanya tingkat gula lebih rendah sehingga lebih sehat dikonsumsi anak-anak.

4. Keju 

keju

Nah, makanan ini bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak dan dimakan bersama roti atau yang lain. Jadi daripada bingung memilih, ibu bisa membeli keju untuk anak. kini juga sudah ada keju berbentuk batang yang siap makan sehingga lebih praktis. 

5. Yoghurt 

Cemilan lain yang juga sehat adalah yoghurt. Makanan yang berbahan dasar susu murni ini kaya akan vitamin B6, B12 dan Vitamin K. Tiga jenis vitamin ini bisa didapatkan dari bakteri positif yang ada di dalam pencernaan dan salah satu cara memperolehnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt.

Nah, sekarang jika ibu tidak sempat untuk membuat menu bekal anak TK sebulan, bisa menggantinya dengan jenis camilan sehat untuk anak di atas.