Tidak semua bakteri selalu memiliki peranan negatif dan merugikan bagi manusia. Masih ada banyak jenis bakteri yang menguntungkan manusia dan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Manusia sendiri menjadi rumah bagi 10 triliun bakteri baik. Peranan bakteri yang menguntungkan ini sangat baik untuk tubuh. Sebagian besar bakteri baik itu berada dalam saluran pencernaan yang membantu tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Apa saja bakteri yang menguntungkan dalam tubuh dan apa peranan bakteri tersebut?

1. Lactobacillus acidophilus

Lactobacillus acidophilus merupakan salah satu bakteri yang sangat menguntungkan. Probiotik lactobacillus acidophilus sangat baik untuk pencernaan dan mampu menangani infeksi. Lactobacillus acidophilus bisa ditemukan dalam produk kedelai fermentasi seperti tempe atau miso. Biasanya lactobacillus acidophilus juga dikonsumsi dalam bentuk pil untuk mencegah dan menangani diare.

bakteri yang menguntungkan
bakteri yang menguntungkan

2. Lactobacillus rhamnosus GG

Lactobacillus rhamnosus GG menjadi bakteri yang menguntungkan karena dapat mencegah eksim pada bayi. Peranan bakteri yang menguntungkan ini dapat membantu diare yang disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile atau pun diare yang dipicu oleh antibiotik.

3. Lactobacillus salivarius

Probiotik ini dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori (H. pylori). H. pylori merupakan bakteri yang memicu terjadinya tukak pada lambung. 

4. Lactobacillus plantarum

Lactobacillus plantarum juga merupakan salah satu bakteri yang menguntungkan. Ia mampu membantu meningkatkan imunitas melawan infeksi penyebab penyakit/. 

5. Bifidobacterium bifidum

Bifidobacterium bifidum adalah bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri jahat dalam tubuh. Berdasarkan hasil studi, bakteri ini dapat membantu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS), gangguan kronis pada usus besar.

6. Bifidobacteria infantis

Bakteri bifidobacteria infantis adalah bakteri baik yang menguntungkan manusia. Bakteri ini membantu meredakan gejala OBS termasuk sakit perut, kembung, dan keluhan sakit lain di bagian perut. 

7. Bifidobacteria animalis

Bifidobacteria animalis adalah bakteri yang membantu saluran pencernaan melawan bakteri jahat yang dibawa oleh makanan. Selain itu, peranan bakteri yang menguntungkan ini juga bisa meningkatkatkan sistem kekebalan tubuh.  

Supaya anak tetap sehat terlindungi, dibutuhkan cara untuk membatasi pertumbuhan bakteri jahat dan sebaliknya memicu pertumbuhan bakteri baik yaitu dengan mengkonsumsi yogurt, susu, tempe, coklat, dan kimchi.