Tahukah Ibu jika usus adalah salah satu organ yang menjadi tempat berkumpulnya berbagai bakteri?Di dalam usus ada ribuan jenis bakteri yang menguntungkan dan merugikan. Bakteri yang menguntungkan punya peranan penting bagi tubuh, misalnya saja untuk melancarkan proses pencernaan. Sedangkan bakteri merugikan atau bakteri jahat biasanya masuk ke usus melalui makanan atau tangan yang kotor. Itulah mengapa selalu digalakkan pentingnya mencuci tangan sebelum makan. 

Bakteri menguntungkan dalam usus manusia

Bakteri yang menguntungkan

Ada beberapa bakteri yang menguntungkan di dalam usus anak, yang pertama adalah bifidobacterium. Bifidobacterium adalah bakteri yang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh seperti mencegah bakteri yang dapat mengubah nitrat menjadi nitrit (penyebab utama kanker). Jenis bakteri ini juga menghasilkan beberapa vitamin B komplek yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan membantu pengaturan berat badan/.

Kedua adalah bakteri E Coli yang cukup menguntungkan bagi manusia karena mampu memproduksi vitamin K2 yang membantu pembekuan darah. Selain itu, bakteri jenis ini juga bisa mencegah bakteri lain masuk ke dalam usus. Ketiga adalah bakteri Prevotella, yang merupakan produsen asam folat dan vitamin B1. Kemudian Ruminococcus membantu sel untuk menyerap gula dan bisa meningkatkan berat badan. Masing-masing jenis bakteri punya cara yang berbeda untuk membantu metabolisme obat-obatan dan zat gizi dalam tubuh. 

Fungsi bakteri baik untuk tubuh

Bakteri baik yang ada dalam usus punya peranan sangat penting. Saking pentingnya sampai-sampai bakteri jenis ini disebut sebagai “otak kedua” manusia. Bukan hanya berfungsi membantu proses pencernaan, bakteri baik ini juga membantu penyerapan zat gizi, serta merasakan kondisi emosional sang pemilik tubuh. 

Bakteri merugikan dalam usus manusia

Adapun jenis bakteri merugikan yang terdapat dalam tubuh seperti clostridium difficile, salah satu bakteri yang normal berada di saluran pencernaan manusia. Bakteri ini dapat menyebabkan PMC (pseudomembranous colitis) dan AAD (antibiotic associated diarrhea) pada manusia. Ada juga bakteri E Coli yang merugikan, yaitu E Coli tipe O157:H7, bisa menyebabkan anak-anak keracunan makanan. Bakteri merugikan lain yang dapat menyebabkan diare adalah campylobacter jejuni dan campylobacter coli. Bakteri ini biasanya bisa ditemukan pada hewan seperti ayam, burung, dan lalat. 

Nah itu tadi jenis bakteri yang menguntungkan dan merugikan pada tubuh. Jadi dapat disimpulkan jika mendengar kata “bakteri” bukan selalu hal yang negatif ya, Moms!