Orang tua mana yang tak ingin anaknya tumbuh sehat dengan postur tubuh yang tinggi? Sayangnya nggak semua anak bisa punya tubuh yang tinggi, karena tinggi badan anak memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi ibu jangan sedih ya! Agar anak tumbuh tinggi masih ada beberapa upaya berikut yang bisa ibu lakukan. 

1. Mengkonsumsi makanan seimbang

Cara Agar Anak Tumbuh Tinggi!

Makanan dengan gizi seimbang dapat mengoptimalkan tinggi badan si Kecil. Sesuai dengan pepatah “You Are What You Eat”, apa yang dikonsumsi si Kecil sejak dini dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan mereka. 

Makanan dengan gizi seimbang adalah susunan pangan yang mengandung zat gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk mendapatkan makanan dengan gizi seimbang anak perlu konsumsi berbagai kelompok makanan yang berbeda, mulai dari protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral penting.

2. Memperhatikan jadwal tidur

Nutrisi yang diberikan pada anak agar tumbuh tinggi perlu diimbangi dengan tidur malam yang cukup. Terdengar sepele memang, tapi tidur cukup juga sangat penting dalam pertumbuhan anak. Karena saat tidur tubuh melepaskan hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhan pada tubuh anak. Semakin lelap anak tidur dan dengan durasi yang cukup, semakin optimal pula kerja hormon ini.

Berapa jam idealnya anak tidur dalam sehari? Untuk bayi baru lahir (0–3 bulan) membutuhkan tidur selama 14–17 jam setiap hari, bayi (4–11 bulan) butuh waktu 12–15 jam, balita (1–2 tahun) waktu tidurnya 11–14 jam, dan balita preschoolers (3–5 tahun) idealnya tidur selama 10–13 jam.

3. Olahraga renang 

Renang menjadi salah satu olahraga yang diandalkan agar anak tumbuh tinggi. Renang dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan. Selain itu, hampir semua otot dalam tubuh digunakan saat berenang sehingga  membantu menambah tinggi badan anak. Renang juga dianggap dapat membantu perpanjangan tulang belakang dan kaki, inilah yang membuat anak jadi cepat tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya ibu mengenalkan olahraga renang sedini mungkin ya!

4. Konsumsi susu dan kedelai

Sejak dulu, susu adalah bahan makanan yang dipercaya mampu membuat anak agar tumbuh tinggi. Ini karena susu mengandung kalsium, vitamin D dan juga protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan otot. Susu dapat meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak dan membuat tulang lebih kuat. Pilihlah susu yang mengandung protein berkualitas. Misalnya, dilengkapi dengan asam amino esensial. Atau bisa juga dengan konsumsi susu kedelai. Manfaat susu kedelai sebagai sumber protein alternatif yang memainkan peran penting dalam perkembangan tubuh dan juga mempercepat pertumbuhan anak-anak.