Pada saat puasa biasanya perut akan kosong dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti susah BAB atau sembelit. Sembelit bisa disebabkan karena pola makan yang kurang sehat, dan juga pengaruh obat-obatan. 

Saat puasa, umumnya tubuh tidak memiliki asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam, sehingga bisa menyebabkan sistem pencernaan yang kurang lancar. Supaya tidak mengalami susah BAB selama puasa, berikut tips yang bisa Ibu terapkan. 

1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Untuk mengatasi sembelit pada saat puasa, sebaiknya banyak-banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat. Ibu bisa ajak si kecil untuk konsumsi brokoli, wortel, buah kiwi, jeruk, pisang, dan lain-lain ketika waktu berbuka. 

Dengan konsumsi makanan yang tinggi serat, bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh sehingga pencernaan jadi lebih lancar. Serat pada buah dan sayur bisa mengikat lemak penyebab kolesterol di tubuh. Ketika kolesterol terkontrol maka sembelit tidak akan terjadi. 

2. Sebaiknya hindari konsumsi susu pada Si Kecil Saat sahur

Supaya tidak mudah sembelit selama puasa Ramadhan, sebaiknya Ibu dan si Kecil menghindari untuk konsumsi susu ketika sahur. Karena susu bisa membuat asam lambung jadi tinggi yang berakibat mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi susu saat sahur justru akan membuat Ibu dan si Kecil jadi sembelit. Selain hindari konsumsi susu, hindari juga untuk konsumsi olahan susu lainnya seperti keju. 

3. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Sebaiknya hindari juga mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, dan kolesterol saat berbuka ataupun sahur, Makanan tinggi lemak tersebut antara lain fast food, deep fried food, makanan tinggi kadar karbohidrat, hamburger, kentang goreng, dan masih banyak lagi. 

4. Konsumsi air putih yang banyak

Susah BAB saat puasa juga disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan cairan dan tubuh sedang dehidrasi. Karenanya, ibu juga harus membiasakan si Kecil untuk rajin konsumsi air putih pada saat sahur ataupun berbuka. Cairan diperlukan tubuh untuk mengolah sisa makanan menjadi feses dan melancarkan proses BAB. Jika tubuh kekurangan cairan, maka akan membuat feses jadi lebih keras dan mengakibatkan susah BAB.

Selain mengetahui hal-hal yang dapat membantu melancarkan sembelit saat puasa, Ibu juga bisa mengetahui penyebab bayi susah BAB di sini, supaya tidak panik ketika si Kecil sembelit.