Sebagai orang tua, tentu saja ibu akan memberikan asupan gizi terbaik untuk anak agar pertumbuhan mereka tidak terhambat dan selalu sehat. Moms bisa mengetahui apakah si Kecil termasuk dalam golongan anak kurang dengan melihat tanda-tanda berikut ini!

anak kurang gizi

1. Kurang zat besi

Anak yang kekurangan zat besi biasanya memiliki wajah yang pucat, terlihat lemah, dan sering tampak susah bernafas. Mereka juga tidak tahan dengan suhu dingin dan cenderung mudah rewel. Mereka juga akan mengalami hambatan dalam belajar dan pertumbuhan. 

2. Kurang vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan untuk membentuk tulang yang kuat. Kekurangan asupan vitamin D dapat membuat anak mengalami deformasi, bisa berbentuk X atau O, kondisi betis tampak melengkung atau mengalami rakitis. 

3. Kurang asam folat

Seorang ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan asam folat dapat menyebabkan bayi mengalami anencephaly, sebuah kondisi dimana perkembangan tulang tengkorak tidak maksimal. Gejala anak kurang gizi asam folat biasanya berupa sering sariawan, lidah bengkak, kulit pucat, dan sering diare. 

4. Kurang vitamin C

Gejala kurang vitamin C pada anak berupa kondisi luka yang tidak cepat sembuh, rambut kusut, dan sering terlihat mudah lelah. Anak yang sering rewel, murung, dan kurang semangat seperti anak depresi juga salah satu gejala kurang vitamin C.

5. Kurang kalsium

Kurang kalsium adalah tanda anak kurang gizi yang bisa dideteksi sejak bayi. Jika si kecil saat bayi susah tidur, rewel, ada bagian tubuh yang berkedut, mengalami kejang, dan detak jantungnya terasa lemah, ini adalah tanda anak kurang kalsium. 

6. Kurang protein

Tanda anak kurang gizi selanjutnya adalah kurang protein yang ditunjukkan dengan gejala kulit kering, rambut berubah warna dan menjadi kering, pertumbuhan melambat, perut membesar, berat badan turun, dan luka sulit sembuh. 

7. Kurang vitamin K

Bayi yang baru lahir bisa mengalami resiko kurang vitamin K. Hal ini karena jumlah bakteri dalam usus bayi yang baru lahir dan dibutuhkan untuk memproduksi vitamin K masih sedikit. Ciri anak kekurangan vitamin K adalah adanya pendarahan meski hanya sedikit seperti mimisan, munculnya memar di sekitar wajah, muntah, dan kulit tampak kekuningan.

Itu tadi ciri anak kurang gizi yang harus Moms tahu. Karena tak selamanya anak yang kurang gizi identik dengan anak susah makan atau memiliki tubuh kurus.