Mengatasi anak yang suka marah dan mengamuk memang bukan perkara yang mudah, sebagai orang tua kita harus mengetahui dan mengerti kondisi yang terjadi pada si Kecil. Apalagi jika itu terjadi di tempat umum, tentu akan sangat merepotkan dan membuat bingung bukan? 

Kondisi ini biasa dikenal dengan tantrum, tantrum merupakan ledakan emosi yang bisa dirasakan oleh anak-anak maupun orang dewasa, mereka yang mempunyai masalah dalam emosional.

tantrum pada anak
Source :  lifestyle.kompas.com

Tantrum terjadi karena karena anak-anak di usia ini belum mampu menggunakan kata-kata untuk meluapkan rasa frustasi dan kesal mereka, biasanya karena tidak mendapat apa yang mereka inginkan dari orang tua atau keinginan lainnya.

Apa saja indikator yang bisa mempengaruhi terjadinya tantrum pada anak

Kurang mendapatkan perhatian

Tantrum rentan terjadi pada anak yang biasanya kurang mendapatkan perhatian dari orang tua karena sibuk dengan aktivitasnya sendiri, sehingga anak-anak akan mudah marah menangis dan menjerit saat mereka membutuhkan kasih sayang dari orang tua.

Kekangan dari orang tua

Adanya kekangan dari orang tua, kontrol yang berlebihan kepada anak dapat menyebabkan terpicunya temper tantrum, seperti kekangan saat mendidik dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk karakter anak, sehingga terjadinya pemberontakan saat anak merasa terkekang.

Permasalahan dalam keluarga

Persaingan antara saudara akan sangat memicu terjadinya tantrum pada anak, sikap orang tua yang hanya memuji salah satu diantara anak-anaknya sehingga terjadinya rasa cemburu, orang tua yang tidak bisa adil dan kurang curahan kasih sayang pada anak juga sangat berperan penting.

Lalu bagaimana cara mengatasi tantrum pada anak

Berikan ruang untuk anak

Berikan si Kecil ruang dan biarkan dia melupakan emosinya, namun tetap awasi dan jangan jauh-jauh.

Berikan rasa empati

Saat si Kecil marah dan menangis, berikan pelukan lembut dan bisikan kata-kata yang bisa menenangkan si Kecil, bentuk suasana yang positif dan tunjukan rasa empati sebagai orang tua. Hindari mengekang dan jangan sampai mencubit apalagi memukul anak saat tantrum.

Pahami kebutuhan anak

Anak akan biasa tantrum karena rasa lelah atau lapar, sebagai orang tua, Bunda harus bisa mengenali keinginan dan kebutuhan balita. Saat melakukan perjalanan jadwalkan kegiatan sebelum berangkat sesuai kemampuan dan kebutuhan si Kecil.

Anak sangat membutuhkan kasih sayang dan pengertian dari orang tua, hal tersebut harus Bunda pahami. Sebagai orang tua, Bunda harus mendidik tanpa kekangan dan tidak salah saat mengatasi temper tantrum pada anak, sehingga bisa membentuk karakter yang lebih baik pada si Kecil.