Perkembangan anak dapat dipantau dari berbagai aspek. Salah satunya aspek fisik yang meliputi berat badan. Untuk memastikan si kecil tumbuh dengan baik, Anda bisa melihat acuan berat badan ideal anak sesuai dengan usianya. Jika berat tidak ideal, Anda bisa dengan cepat memperbaiki sehingga tidak mengalami kelebihan atau kekurangan berat. Nah, untuk memaksimalkan perkembangan buah hati, berikut acuan berat badan ideal anak di bawah 5 tahun. 

1. Usia 0 hingga 2 tahun

Menurut dokter spesialis anak Robert M Kliegman, bayi baru lahir rata-rata memiliki berat 3 sampai 3,5 kg. Ketika memasuki usia 5 bulan, berat idealnya 2 kali berat saat lahir. Sedangkan di 1 tahun pertama mencapai 3 kali berat badan saat lahir. Tahun kedua, berat ideal si kecil rata-rata 4 kali berat saat lahir. Dokter Kliegman memiliki patokan kenaikan berat badan ideal anak di tahun pertama, yaitu.

  • Triwulan 1 : 700-1000 gram/bulan
  • Triwulan 2 : 500-600 gram/bulan
  • Triwulan 3 : 350-450 gram/bulan
  • Triwulan 4 : 230-350 gram/bulan

2. Usia 2 hingga 3 tahun

Seperti di tahun sebelumnya, pertumbuhan berat badan tidak terlalu besar tapi tetap ideal. Rata-rata kenaikan berat hanya sekitar 1,8 kg. Semakin sedikitnya kenaikan tersebut dikarenakan si kecil mulai banyak bergerak. Biasanya, anak mulai kehilangan nafsu dan mudah sekali bosan dengan makanan. Jadi, Anda perlu pintar-pintar memberikan makanan yang kaya akan nutrisi. 

3. Usia 3 hingga 4 tahun

Berapa berat badan ideal anak usia 3 hingga 4 tahun? Seperti tahun sebelumnya, kenaikan juga tidak banyak, sekitar 1,5 kg dalam satu tahun. Rata-rata si kecil di usia ini memiliki berat antara 13-15 kg. Kenaikan yang kecil tersebut cukup normal karena anak di usia tersebut lebih banyak bergerak. 

4. Usia 4 hingga 5 tahun

Di penghujung balita, gerakan anak makin lincah. Mereka makin suka dengan kegiatan serta aktivitas fisik. Idealnya, mereka mengalami kenaikan sekitar 2 kg dalam setahun. Dari acuan tersebut, Anda bisa mengetahui anak kurang ideal atau tidak. Jika kekurangan berat, Anda bisa meningkatkan dengan memberikan lebih banyak asupan makanan bernutrisi. Namun, jika kondisi berat berlebihan atau obesitas, bisa berkonsultasi kepada dokter.