Berdasarkan penelitian, menulis dapat mengasah perkembangan otak anak. Namun, kemampuan anak dalam hal menulis tidak dapat datang hanya dalam waktu semalam. Cara mengajari anak menulis ini juga dipengaruhi oleh dampingan orang tua. Oleh karena itu, ibu jangan ragu untuk mengajari anak menulis dan cara belajar membaca sejak dini. 

Menurut seorang psikolog anak dan juga keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi. Sejatinya proses calistung sudah bisa diajarkan pada anak sejak usia 5 hingga 6 tahun. So, jika ibu ingin anak mulai belajar menulis di usia ini, bisa mencoba beberapa cara berikut.

1. Ajarkan anak bagaimana cara menggenggam pensil

cara mengajari anak menulis

Hal pertama yang harus ibu ajarkan adalah bagaimana untuk menggenggam pensil dengan cara yang benar. Ibu bisa memberikan pensil yang pendek dan mudah digenggam oleh si Kecil. Kemudian cek juga bagaimana posisi tangannya. 

Usahakan ibu jari dan telunjuk anak tidak saling menumpuk dan sudah bisa membentuk “o”, dimana posisi pensil bisa bersandar di jari ketiga atau keempat anak sehingga mereka jadi lebih mudah dan nyaman untuk menulis. Untuk menghindari rasa bosan, ibu juga bisa memberikan crayon sebagai ganti pensil. Anak pasti suka dengan crayon yang lebih berwarna.

2. Buat suasana belajar menulis jadi lebih menyenangkan

Supaya anak tidak cepat bosan. Ibu bisa gunakan cara yang menyenangkan, misalnya dengan memanfaatkan kerta warna-warni. Ajak mereka untuk menulis di kerta warna-warni yang sudah ibu siapkan. Jangan paksa mereka menulis apa yang ibu perintahkan, tetapi biarkan mereka berkreasi dengan keinginan dan imajinasi mereka lebih dulu. 

Selain itu, ibu juga bisa menghadirkan suasana yang menyenangkan. Misalnya saja dengan menulis di taman, atau di halaman rumah sambil piknik atau melihat awan. Atau ajak anak ke taman yang memiliki pasir kemudian memanfaatkan media batu untuk menulis di atas pasir. 

3. Mengajarkan cara menulis dengan berbagai teknik

Ibu juga bisa mengajarkan cara menulis yang bervariatif, pertama dengan cara menulis sesuai garis kertas. Ibu harus membantu anak untuk memulai menulis huruf besar atau kecil sesuai garis kertas, kemudian jika ada huruf yang miring atau tidak rata, minta si Kecil untuk menghapus dan mengulanginya lagi. 

Kedua dengan cara menebalkan garis putus-putus> yang perlu ibu lakukan adalah menyedikan gambar huruf dengan garis putus-putus, kemudian ajak si Kecil untuk menghubungkan tiap garisnya pada kertas. Beri pujian jika anak berhasil melakukan tugas ini dengan baik.