Punya anak hiperaktif suka bikin ibu pusing karena tingkahnya yang susah diam. Anak hiperaktif memang identik dengan “anak yang gak bisa diam” sehingga saat ibu lengah sedikit saja, bisa saja si kecil melakukan hal-hal yang malah membahayakan dirinya. Untuk menghindari terjadinya hal-hal fatal ini, ada beberapa cara mengatasi anak hiperaktif yang bisa ibu terapkan agar mereka tetap terkendali dan bisa lebih fokus.

1. Mengatur pola hidup yang terstruktur

Anak Hiperaktif

Cara mengatasi anak hiperaktif yang pertama adalah dengan membuat struktur dan perintah yang jelas. Mengapa? Anak hiperaktif cenderung lebih cepat cemas saat mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. 


Karenanya, ibu bisa membuat jadwal aktivitas harian yang terstruktur. Misalnya saja menentukan kapan harus bangun, mandi, belajar, makan, bermain, sikat gigi, mandi, dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan adanya jadwal yang terstruktur maka otak anak bisa belajar menerima sesuatu yang lebih terstruktur. Harapannya si kecil jadi lebih tenang dan fokus saat melakukan suatu kegiatan.

2. Menghindarkan anak dari gangguan

Anak hiperaktif mudah terdistraksi dengan berbagai macam hal yang dapat membuyarkan konsentrasi mereka. Itu sebabnya sangat penting bagi ibu untuk menciptakan suasana yang nyaman di sekitar mereka, terutama saat mereka belajar. Ibu bisa mengurangi beberapa hal yang membuat mereka terdistraksi, misalnya saja saat belajar hindarkan anak duduk dekat pintu, jendela, dan juga hal yang jadi sumber keramaian. 

3. Perhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi 

Banyak yang beranggapan jika makanan juga bisa mempengaruhi tingkat hiperaktif seorang anak. Misalnya saja mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan gula bisa menyebabkan anak menjadi hiperaktif. 

Hal ini memang tidak sepenuhnya benar tapi gula adalah karbohidrat sederhana yang mudah diserap oleh tubuh tapi bisa membuat kadar gula dalam tubuh mengalami peningkatan dan penurunan dengan cepat. Pada anak-anak penurunan kadar gula secara drastis ini dapat menyebabkan ia jadi rewel karena tubuh seolah-olah kekurangan energi. Inilah yang membuat suasana hati dan sikap mereka tidak stabil. 

Yang pasti cara mengatasi anak hiperaktif di atas harus didukung dengan sikap ibu yang sabar ya! Karena tidak dipungkiri anak hiperaktif suka membuat ibu kesal.