Masa masa balita merupakan masa peralihan seseorang dari tahap bayi menuju anak-anak, pada usianya yang menginjak 4-5 tahun, si Kecil akan menunjukan ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun yang Bunda bisa lihat dan perhatikan. 

Perkembangan si Kecil pada usia ini sangatlah penting, karena pada masa ini merupakan dasar perkembangan untuk menuju tahap selanjutnya. Banyak yang bisa Bunda lihat dari ciri perkembangan anak usia dini, mulai dari aspek bahasa, kognitif, dan kemampuan motorik kasar dan halus si Kecil, semua aspek itu harus dikuasai si Kecil sebagai indikator perkembangan yang optimal. 

Masih bingung apa saja yang harus menjadi perhatian Bunda sebagai orang tua terhadap ciri perkembangan anak di usia 4-5 tahun ? Berikut ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun yang bisa Bunda lihat! 

  1. Perkembangan motorik

Di usia ini, si kecil akan terlihat lebih aktif sebagai tanda perkembangan motoriknya, terutama saat ia bermain, seperti berlari, memanjat, melompat-lompat dan berjalan dengan mudah, kebiasaan ini dikenal dengan perkembangan motorik kasar. 

Sebagai tanda perkembangan motorik halusnya, si Kecil akan lebih terampil berkoordinasi dengan tangan dan jari yang lebih baik, Bunda bisa melatihnya dengan belajar menggambar atau membiarkan si Kecil untuk makan sendiri. 

Pada masa perkembangan motorik di usia ini, si kecil seharusnya sudah bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Bisa dengan mudah untuk berjalan maju dan mundur
  • Menggambar
  • Berdiri dengan satu kaki selama beberapa detik
  • Bisa makan menggunakan sendok garpu 
  • Bermain menyusun balok
  • Mengayuh sepeda roda tiga
  • Berguling guling dan bisa melakukan perawatan tubuhnya sendiri
  1. Berkembangnya bahasa dan kognitif si Kecil 

Dalam hal ini mungkin akan sulit untuk bisa Bunda lihat, karena tidak semua anak kecil senang bercerita ada juga anak yang lebih pendiam. 

Bunda sebagai orang tua harus lebih memperhatikan si Kecil, apakah si Kecil benar-benar pendiam atau memang ia terlambat dalam perkembangan bahasa.

Jika si kecil memang terlambat dalam perkembangan bahasa, Bunda bisa melatihnya dengan bernyanyi, dengan itu si Kecil akan belajar untuk berbicara dan berirama saat bernyanyi, itu akan melatih si Kecil untuk bertutur kata juga nantinya. 

Beberapa hal yang seharusnya sudah bisa dikuasai si Kecil dalam perkembangan kognitif dan bahasa ini adalah, sebagai berikut:

  • Berbicara dengan bahasa yang lebih kompleks
  • Bisa menyebutkan setidaknya 4 bentuk dan warna dengan benar
  • Menghitung mulai dari 1 sampai 10
  • Mengikuti perintah dasar dari orang tua dan memiliki rentang perhatian yang lebih luas

Itulah ciri ciri pertumbuhan dan perkembangan anak usia 4-5 tahun, di usia ini memang perlu perhatian yang lebih dari orang tua, untuk melatih dan membuat si Kecil tumbuh berkembang dengan optimal, faktor orang tua dan lingkungan merupakan hal utama dalam perkembangan si Kecil di usia ini.