Mempunyai anak Kecil memang harus banyak hal yang harus Bunda perhatikan, mulai dari kesehatan, asupan makanan nya, dan memperhatikan ciri perkembangan anak usia dini. Apakah Bunda tahu apa yang dimaksud dengan anak usia dini dan aspek apa saja yang harus Bunda pantau perkembangannya? 

Pada umumnya, anak di usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun, pada usia ini anak mengalami kemajuan secara menyeluruh, mulai dari fisik sampai sosio emosional anak. Usia dini merupakan masa kritis si Kecil, karena di masa inilah otak si Kecil berkembang dengan pesat, berubah mengikuti didikan dari orang tua dan lingkungan sekitar. 

Di fase ini, si Kecil memiliki kapasitas otak untuk berkembang hingga 80 persen dibanding otak orang dewasa, Bunda sebagai orang tua harus sesegera mungkin mencari solusi jika terlihat ada gangguan dalam perkembangannya.

Bunda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja aspek perkembangan anak di usia dini yang harus Bunda pantau! 

Perkembangan anak usia dini akan lebih mudah Bunda pantau, karena ada beberapa golongan dasar yang merupakan ciri perkembangan anak usia dini. 

Golongan dasar tersebut meliputi perkembangan fisik dan motorik, perkembangan bahasa anak usia dini terlihat saat si kecil belajar untuk berkomunikasi, kognitif untuk mulai belajar berpikir dan memecahkan masalah, lalu sosial dan emosional. 

Beberapa aspek ini harus berjalan secara berdampingan, Bunda dituntut harus bisa mengembangkan kecerdasan anak tidak hanya dalam satu aspek saja, namun dalam keseluruhan. Misalnya, sikap sosio emosional anak akan terlihat melalui kemampuannya  berbahasa dan berkomunikasi dengan teman sebaya mereka.

Selain itu, Bunda harus memastikan lingkungan bermain si Kecil aman dan dapat menjamin anak dapat hidup lebih sehat, belajar, tumbuh dan mengembangkan potensi dalam dirinya.

Pada anak usia 2-3 tahun perkembangan anak dapat ditandai dengan anak yang sangat aktif mengeksplorasi benda-benda yang ada disekitarnya, mulai belajar mengembangkan kemampuan berbahasa dan sudah bisa menanyakan pertanyaan singkat. 

Secara sosio emosional, anak juga akan belajar untuk memahami pembicaraan orang lain, mulai mempunyai perkembangan bahasa, mengungkapkan isi hati dan apa yang mereka pikirkan.

Akan banyak hal yang mempengaruhi perkembangan keempat golongan tersebut, mulai dari pola asuh, cara mengasihi dan menyayangi anak, mencukupi kebutuhan gizi dan lingkungan bermain si Kecil. 

Bunda harus memperhatikan keseluruhan aspek tersebut saat melihat ciri perkembangan anak usia dini, peran Bunda sebagai orang tua sangat penting untuk mencapai keseimbangan beberapa aspek penting tersebut.