Laktosa merupakan zat gula sehat yang bisa ditemukan pada susu, laktosa adalah jenis disakarida yang terdiri dari dua molekul gula, yakni glukosa dan galaktosa. Selain laktosa pada susu formula, laktosa juga bisa ditemukan pada ASI, susu sapi dan olahan susu lainnya. 

Laktosa merupakan sumber gizi dan nutrisi yang tidak bisa dihilangkan untuk bayi, banyak manfaat yang bisa bayi dapatkan dengan mengkonsumsi gula sehat ini. Lalu seberapa penting fungsi laktosa pada susu formula dan manfaat apa saja yang akan didapatkan bayi saat mengkonsumsi zat gula ini? 

Kandungan Laktosa Pada Susu Formula Untuk Bayi
  1. Merupakan sumber karbohidrat utama untuk bayi

Laktosa menjadi sumber utama karbohidrat untuk bayi. Karbohidrat dibutuhkan si Kecil untuk meningkatkan energi dan memberikan cadangan makanannya. Asupan karbohidrat yang cukup akan membuat si Kecil berkembang optimal, karena bisa menyediakan kalori yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya.

  1. Memberikan kontrol dalam tubuh

Galaktosa merupakan sebagian dari bahan pembuatan laktosa, kandungan galaktosa ini bisa memberikan keseimbangan pada tubuh si Kecil, karena berkontribusi langsung dalam proses kontrol dalam tubuh untuk mengembangkan sel fungsi tubuh manusia. 

Dengan kontrol tubuh yang optimal akan memberikan sistem kekebalan tubuh bagi si Kecil. Selain itu, galaktosa juga bisa menghentikan dan memperlambat penyebaran tumor, terutama pada hati.

  1. Mengoptimalkan perkembangan otak

Manfaat galaktosa tidak hanya untuk tubuh saja, galaktosa juga berperan penting dalam pembentukan galaktopid, dimana bisa membuat jaringan syaraf lebih sehat dan membantu perkembangan otak lebih baik. 

Mengkonsumsi galaktosa atau brain sugar bisa memicu pembentukan memori jangka panjang dan membantu si kecil tumbuh lebih pintar. 

  1. Membuat tulang lebih kuat

Laktosa juga dapat membantu penyerapan kalsium dan mineral si Kecil. Penyerapan kalsium yang optimal pada bayi sangat penting untuk memperkuat dan membantu perkembangan tulang si Kecil. 

Banyak manfaat fungsi laktosa pada susu formula yang bisa didapatkan si Kecil, kandungan laktosa sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Selain dari susu formula, Bunda juga bisa membantunya dengan asupan ASI secara eksklusif pada si Kecil.