Bayi membutuhkan susu terutama ASI untuk membantu perkembangannya agar lebih optimal. Secara umum, fungsi ASI sama dengan susu yang sering diminum karena mengandung laktosa. Tidak hanya itu, ASI ini merupakan susu yang spesial karena sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi di 6 bulan pertama.

Ini tidak lain karena kandungan gizinya yang lengkap. Namun kali ini kami akan membahas sedikit tentang laktosa. Untuk mengetahui fungsi laktosa pada susu, simak ulasan berikut ini.

susu formula untuk anak 1 tahun
  1. Sumber Energi Utama Pada Bayi

Laktosa terkandung pada  susu dan produk turunannya seperti keju, yogurt, dan sebagainya. Secara umum, komposisinya terdiri dari glukosa dan galaktosa. Glukosa adalah gula sederhana dan laktosa juga bentuk lain gula dengan susunan kimia yang lebih kompleks atau sering disebut dengan karbohidrat. Makanya tidak mengherankan bila bayi akan merasa kenyang dan berenergi setelah minum susu atau makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

  1. Perkembangan Pencernaan

Bayi membutuhkan ASI untuk membantu memaksimalkan perkembangan saluran pencernaan. Sebagaimana yang telah diketahui, sistem pencernaan bayi masihlah belum sempurna sehingga  tidak dapat mencerna makanan padat. Dengan kebutuhan asupan karbohidrat dan gizi yang tinggi maka pilihannya adalah ASI atau pengganti ASI. Kandungan laktosa dalam susu bertugas untuk membantu memaksimalkan perkembangan pencernaan, organ, hingga terbentuklah sistem yang sempurna.

  1. Pertumbuhan Tulang Dan Otot

Jika membahas mengenai fungsi laktosa pada susu, salah satu fungsinya adalah membantu pertumbuhan tulang dan otot. Fungsi ini sudah tidak Asing lagi sebab anak-anak dan dewasa sering minum susu agar sehat dan tulang kuat. Fungsi yang sama berlaku untuk bayi terutama saat mereka minum susu formula untuk anak 1 tahun.

  1. Perkembangan Otak 

Pertumbuhan dan perkembangan bayi dipengaruhi oleh asupan nutrisinya. Pemberian ASI sangat berkaitan dengan hal tersebut termasuk juga susu. Selain perkembangan pencernaan dan otot, laktosa dan nutrisi dalam susu berperan aktif untuk membentuk sel saraf di otak. Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan otak usia dini berperan dalam kecerdasan anak. Oleh karena itu, pemberian susu formula untuk anak 1 tahun harus lebih intensif.

Penjelasan diatas menunjukkan bahwa susu mempunyai peran penting untuk perkembangan bayi. Ini karena salah satu kandungan penting di dalamnya, yaitu laktosa yang berfungsi  sebagai sumber energi. Ketika kebutuhan karbohidrat terpenuhi, metabolisme menjadi lebih baik dan bayi tumbuh lebih sehat. Hal ini menuntut para orang tua agar memaksimalkan pemberian ASI atau susu formula agar kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi.