Asupan makanan tiga kali sehari ternyata belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Hal ini pula yang membuat orang tua ekstra kerja keras untuk memilih makanan, yang tidak hanya sehat, tapi juga enak. Selain demi mengejar berat badan ideal anak, menjaga sang buah hati tetap nafsu untuk makan tidaklah mudah. 

Agar nutrisi anak terpenuhi, ada beberapa makanan yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Asupan makanan ini juga bisa menambah berat badan. Nah, untuk Anda yang bingung memilih makanan penambah berat badan anak tersebut? Cek saja daftarnya berikut ini. 

1. Telur 

makanan penambah berat badan anak

Makanan ini menjadi salah satu menu favorit hampir di setiap keluarga. Selain mudah diolah, kandungan gizinya juga cukup untuk melengkapi nutrisi di dalam tubuh. Dalam 100 gram telur, terdapat protein, vitamin A, dan B12 yang baik untuk pertumbuhan. Telur memiliki kandungan tinggi kalori, protein serta omega 3 yang berguna untuk perkembangan otak.

2. Daging

makanan penambah berat badan anak

Berikutnya ada daging yang pastinya harus dalam keadaan segar. Jika perlu, hindari mengkonsumsi daging olahan yang diawetkan. Daging memiliki kandungan tinggi kalori, protein, vitamin B12 dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Makanan penambah berat badan anak ini bisa digunakan untuk mencegah anemia. 

3. Kacang-kacangan

makanan penambah berat badan anak

Hobi membuat cemilan untuk buah hati? Cobalah untuk memasukkan unsur kacang-kacangan di dalamnya. Menu makanan ini memiliki kandungan tinggi kalori yang dapat meningkatkan berat badan anak. Selain itu, protein dan vitamin B juga terkandung di dalamnya. Pun tidak ada waktu untuk membuat cemilan, siapkan selai kacang yang bisa dikonsumsi dengan roti. Selai ini juga baik untuk tubuh.

4. Buah Alpukat dan Pisang

makanan penambah berat badan anak

Anak hobi makan buah? Cobalah untuk membiasakan makan alpukat dan pisang. Keduanya sangat direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan karena cukup tinggi kalori. Untuk alpukat, kandungannya terdiri dari asam lemak tak jenuh, asam folat, serta magnesium. Begitu pula dengan pisang, yang satu buahnya mengandung 105 kalori. Kedua makanan penambah berat badan anak ini juga bisa disajikan dalam bentuk puding. 

5. Produk Susu Sapi

makanan penambah berat badan anak

Untuk bisa mencapai berat badan ideal anak, produk susu sapi wajib diberikan kepada buah hati. Tentunya dengan catatan anak Anda tidak alergi dengan olahan susu sapi. Kandungan di dalam susu tidak hanya tinggi kalori, tapi juga kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Setidaknya beri asupan dua gelas susu per hari. Tidak hanya bentuk minuman, tapi bisa disajikan dalam bentuk smoothies, sereal, atau milkshake. Tinggal disesuaikan dengan favorit sang buah hati.