Menghadapi anak yang tidak mau makan nasi pasti bikin Moms jadi pusing. Apalagi saat Moms sudah mencoba berbagai cara tapi ternyata si kecil tidak mau sama sekali menyentuh piringnya. Padahal nasi bukan hanya menyimpan kandungan karbohidrat saja tetapi juga kalsium, kalium, magnesium dan vitamin B kompleks yang bagus untuk pertumbuhan. 

Untuk Moms yang mulai lelah dan putus asa mencari cara mengatasi sibuah hati tidak mau makan nasi, bisa mencoba menerapkan beberapa cara berikut ini!

1. Memberikan minyak ikan untuk anak

Dikutip dari Kumparan, menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Jovita Amelia, Sp.GK, memberikan minyak ikan untuk anak yang tidak mau makan nasi juga bisa jadi salah satu solusi karena minyak ikan mengandung omega-3. 

“Kalau minyak ikan dengan dosis yang tepat bisa (meningkatkan nafsu makan anak) karena mengandung omega-3. Jadi ada EPA dan DHA-nya,” ungkap dr. Jovita. 

2. Mencoba mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain

Saat si Kecil mulai tidak mau makan nasi, coba deh Moms ganti dengan sumber karbohidrat lainnya. Moms bisa menerapkan beberapa makanan pengganti nasi seperti roti sandwich, oatmeal yang divariasikan dengan buah, atau mencoba membuat olahan kentang. Moms juga bisa mengganti dengan pasta dengan saus bolognese yang disukai anak-anak. 

3. Memberi perasa pada nasi agar tidak hambar

Saat anak tidak mau makan nasi, bisa jadi karena nasi terasa hambar dan kurang memiliki rasa. Untuk menyiasati hal ini, Moms bisa menggunakan kaldu ayam untuk dimasak bersama nasi sehingga menghasilkan nasi gurih. Atau Moms bisa memasak nasi uduk yang lezat sehingga mampu memberikan cita rasa baru untuk nasi. Cara paling mudah lainnya bisa dengan mencampur nasi panas dengan butter atau menaburi dengan bawang goreng. 

4. Menjelaskan tentang pentingnya menu 4 sehat 5 sempurna

Langkah terakhir bila anak tidak mau makan nasi adalah dengan memberikan edukasi bagaimana pentingnya makanan 4 sehat 5 sempurna. Moms bisa mengajak si Kecil berdiskusi dengan suasana yang menyenangkan atau menggunakan alat peraga yang lucu untuk memberikan edukasi ini sehingga si Kecil merasa lebih tertarik dan lebih mudah mengerti.