Otak adalah organ tubuh yang sangat penting bagi anak. Otak yang dapat berfungsi dengan baik bisa menjadi penentu bagaimana perkembangan seorang anak. Oleh karena itu, anak membutuhkan nutrisi otak yang baik. Untuk memenuhi asupan nutrisi otak pada anak, ibu bisa memberikan beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Telur

Telur memiliki kandungan kolin yang sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingat anak. Telur juga salah satu makanan yang kaya akan protein sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak. 

2. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu karbohidrat yang baik sebagai menu sarapan. Oatmeal mengandung serat, zinc, kalium, vitamin B, dan vitamin E yang bagus sebagai nutrisi otak. Menjadikan oatmeal sebagai salah satu menu sarapan, bukan hanya akan membuat si Kecil jadi kenyang tetapi juga mampu berkonsentrasi dengan baik. 

3. Salmon

Ibu pasti sudah tahu jika salmon adalah salah satu ikan yang bernutrisi tinggi. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bagus untuk mendukung perkembangan kognitif anak dan meningkatkan daya ingatnya. 

4. Minyak ikan

Minyak ikan untuk anak memang sangat bagus, bisa meningkatkan fungsi otak, khususnya perkembangan otak, pembelajaran, serta memori. Bahkan minyak ikan juga bisa membantu meningkatkan kemampuan verbal, kontrol impuls, kemampuan membuat perencanaan, dan atensi pada anak

5. Susu dan yogurt

Susu dan yogurt memiliki kandungan vitamin B, vitamin D, dan protein yang penting untuk perkembangan jaringan otak. Vitamin D pada susu dan yogurt dapat mendukung pertumbuhan anak, sehingga ibu bisa memasukan menu susu dan yogurt dalam makanan harian si Kecil. 

6. Kacang Merah

Kacang merah diketahui sebagai bahan makanan yang dapat membantu mendukung perkembangan otak anak. Kacang merah mengandung omega-3 yang memiliki fungsi serupa dengan ikan salmon. Dengan konsumsi kacang merah pagi hari dapat membantu meningkatkan konsentrasi si kecil sepanjang hari.

7. Sayur kubis dan bayam

Siapa sangka jika sayur kubis dan bayam bisa jadi nutrisi otak yang baik. Kedua sayuran ini mengandung antioksidan yang baik untuk perkembangan sel otak anak. Bayam atau kubis juga memiliki kandungan asam folat yang bisa memperkuat daya ingat anak.