Sebagai orang tua penting untuk memastikan apakah gizi anak sudah terpenuhi atau belum. Hal tersebut bisa menjadi pekerjaan yang cukup sulit jika anak tak memiliki nafsu makan. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab anak susah makan. Sejumlah tips berikut dapat menjadi solusi untuk anak susah makan.

1. Memberi Pilihan Makanan Pada Anak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan menyerahkan pilihan makanan pada anak. Menghadapi nafsu makan si kecil tidak bisa dengan paksaan. Tanyakanlah apa yang ia suka dan ingin makan. Jika anak bingung, tawarkan beberapa makanan yang dirasa menarik perhatiannya. Namun tetap harus memastikan nutrisi yang terkandung di dalamnya terutama untuk makanan anak 1 tahun.

2. Siapkan Menu Berbeda Setiap Hari

Menu masakan yang tidak bervariasi bisa saja menjadi penyebab anak susah makan. Terlebih menu makanan anak usia 1 tahun yang biasanya terdiri dari sayur atau nasi. Menghidangkan menu berbeda setiap harinya merupakan solusi untuk anak susah makan. Jika tak ingin repot, Anda bisa menyajikan makanan dengan tampilan berbeda sehingga membuat si kecil semakin tertarik. Selain itu, bisa berkreasi dengan mencampurkan bahan-bahan tertentu agar nafsu makan anak meningkat.

3. Libatkan Dalam Proses Membuat Makanan

Ajari untuk lebih menghargai makanan dengan melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Anda bisa mengajak ke dapur dan belajar menyiapkan makanannya sendiri. Lebih baik untuk menanyakan terlebih dahulu menu makanan apa yang ia ingin buat. Makanan yang tidak menarik perhatian dan seleranya bisa menjadi faktor penyebab anak susah makan. Selain membuat si kecil belajar hal baru, kegiatan memasak bersama juga mampu memperkuat hubungan antara orang tua dan anak. 

4. Konsumsi Suplemen atau Makanan Pengganti Lain

penyebab anak susah makan

Suplemen bisa menjadi solusi untuk anak susah makan. Namun, cara ini bisa Anda terapkan jika ketiga langkah yang telah disebutkan tadi tidak efektif. Pilih suplemen dalam bentuk permen atau sirup agar lebih disukai anak-anak. Akan lebih baik jika mengandung bahan tertentu seperti temulawak yang berguna untuk menambah nafsu makan.

Kendala seperti penyebab anak susah makan wajar dialami pada masa pertumbuhan. Solusi untuk anak susah makan tadi bisa Anda terapkan. Tak perlu memaksa, turuti kemauan si kecil dan pastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi agar tumbuh kembang anak sehat.