Pola makan yang sehat sangat penting untuk masa pertumbuhan si Kecil. Anak memerlukan asupan makanan sehat untuk anak demi menunjang tumbuh kembang otaknya.

Anak-anak sangat membutuhkan makanan yang bergizi dan juga seimbang, namun karena kurangnya pengetahuan dan besarnya keinginan si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa memberikan efek buruk bagi si kecil. Jika Anda bisa memberikan makanan sehat yang mengandung vitamin dan juga mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak mengapa harus memberikan suplemen? 

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda diberikan pada si kecil, untuk lebih mudah menangkap pelajaran di sekolah dan menjaga kekebalan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Ingin tahu apa saja menu makanan sehat untuk sibuah hati anda? Berikut rekomendasinya!

Makanan dengan kandungan asam lemak

Anda bisa menyiapkan menu sehat untuk anak dari bahan ikan, jenis ikan seperti salmon, sarden dan tuna kaya akan minyak ikan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil. Lemak merupakan komponen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang memberikan peran penting dalam fungsi otak. Karena beberapa jenis asam lemak tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan bantuan dari makanan.

Kandungan kalsium dan protein

Untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi si kecil, Anda bisa memberikan susu atau keju untuk memenuhi kebutuhan anak, Anda bisa memberikan susu ataupun keju setiap hari, karena susu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan beberapa vitamin yang dibutuhkan anak. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi yang baik untuk anak, keju kaya akan protein dan kalsium yang penting untuk membantu pertumbuhan tulang si kecil.

Kandungan vitamin A

Untuk kebutuhan vitamin A, Anda bisa memperolehnya dari wortel. Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk penglihatan si kecil, selain itu wortel juga mengandung betakaroten yang bisa melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri. Persiapkan menu sehat untuk anak dari wortel dengan olahan jus, cake ataupun sup agar si kecil lebih suka untuk mengkonsumsinya.

Anda bisa membuat menu makanan sehat untuk anak dari jenis makanan lainnya, seperti kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat, lemak dan antioksidan atau buah-buahan yang mempunyai banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan si kecil.