Siapa yang tidak ingin memiliki anak yang pintar, rajin dan cerdas? Ternyata hal itu tidak hanya bisa di dapat dari belajar saja. Mengkonsumsi beberapa makanan dan vitamin otak untuk anak sangat membantu menutrisi pertumbuhan dan cara kerja otak anak. Yuk, simak 5 makanan yang bisa bantu nutrisi otak anak agar makin pintar dan cerdas!

vitamin otak untuk anak

1. Suplemen Multivitamin

Kadangkala makanan saja tidak cukup untuk memberikan gizi yang sempurna. Maka dari itu bisa ditambahkan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin yang merupakan bahan tambahan vitamin yang dikemas dalam bentuk sirup atau tablet. Vitamin untuk otak dikonsumsi agar otak berkembang dengan sempurna dan meningkatkan sekaligus memelihara fungsi otak pada anak hingga orang dewasa. Beberapa vitamin yang dibutuhkan otak adalah vitamin B1, B12, B6, Folat, Vit E, dan Vit C.

2. Susu dan Turunannya

Susu baik ASI dan Formula sangat kaya akan sumber nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter. Di dalam susu dan turunannya seperti keju  terdapat nutrisi seperti kalsium, kalium, protein, vitamin B dan D.

3. Kacang-kacangan.

Kacang merupakan camilan yang berperan sebagai pelindung sel otak terhadap radikal bebas karena mengandung vitamin E dan antioksidan yang tinggi. Bahkan dalam kacang merah terdapat banyak asam lemak omega 3 yang bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

4. Ikan

Semua sudah pasti tahu bahwa ikan merupakan makanan untuk otak anak yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak, terutama mata ikan salmon yang mengandung DHA dan EPA sumber utama asam lemak omega tiga. Anak yang sering mengkonsumsi ikan akan memiliki daya ingat dan kemampuan nalar lebih tajam. Ikan juga sering digunakan sebagai bahan vitamin otak untuk anak yang siap konsumsi, bahkan  bahan makanan ini juga sangat cocok untuk dijadikan menu makanan anak 1 tahun.

5. Telur

Kuning telur diketahui merupakan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi memori dan daya ingat anak. Selain itu telur juga mengandung nutrisi vitamin A dan B12, mineral besi, kolin, DHA, fosfor dan seng yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak secara menyeluruh.