DHA adalah sebuah nutrisi yang dikenal bisa membuat anak menjadi pintar. DHA juga menjadi nutrisi penting yang harus ada dalam susu pertumbuhan dan jenis makanan Si Kecil. Tapi, apa itu DHA dan apa manfaat DHA untuk anak?

Dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, DHA (Docosahexaenoic acid) merupakan bentuk dari asam lemak omega-3. DHA terkandung secara alami di dalam ASI dan berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden.Bentuk lain dari asam lemak omega-3 adalah EPA (Eicosapentaenoic acid) dan ALA (Alpha-linolenic acid). Disebutkan jika DHA ditemukan berlimpah di dalam sel-sel otak sehingga sering disebut sebagai makanan otak. Seiring dengan perkembangan teknologi, DHA dapat ditemukan dalam susu formula untuk anak 1 tahun hingga 3 tahun.  Nah, ini dia manfaat DHA untuk anak.

susu formula untuk anak 1 tahun

1. Meningkatkan kesehatan otak anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat DHA sangat erat kaitannya dengan kognitif anak. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Nutritional Neuroscience, pada 90 anak sehat usia 10 hingga 12 tahun ditemukan bahwa suplementasi DHA selama 8 minggu tidak memiliki efek menguntungkan pada fungsi otak.

Pada penelitian lain yang dilakukan terhadap 175 anak sehat berusia 4 tahun yang diterbitkan dalam Clinical Pediatrics, menemukan bahwa kadar DHA dalam darah yang lebih tinggi terkait dengan skor yang lebih tinggi pada tes kosa kata.

2. Mengurangi resiko kelahiran prematur

Kelahiran sebelum usia kehamilan 24 minggu dianggap sebagai kelahiran prematur dan bisa menyebabkan resiko tinggi pada masalah kesehatan. Sebuah analisa studi di Amerika dan Australia menemukan bisa perempuan yang mengkonsumsi 600-800 mg DHA setiap hari selama kehamilan dapat mengurangi resiko kehamilan prematur dini, lebih dari 40% di Amerika dan 64% di Australia dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

3. Bermanfaat untuk Otak dan Mata

DHA dan EPA memiliki banyak manfaat untuk ketajaman mata dan pembentukan otak. DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata. DHA dan EPA juga memiliki peran untuk meningkatkan kognitif serta pembentukan otak secara menyeluruh pada otak anak. Sedangkan pada orang dewasa DHA dan EPA membantu meningkatkan daya ingat.