Kalau mendengar kata bakteri pasti terngiang-ngiang dengan virus, penyakit, dan hal-hal merugikan lainnya. Tapi ternyata nggak semua bakteri itu identik dengan hal negatif loh, Moms! Ada juga bakteri yang menguntungkan dan punya kegunaan positif bagi tubuh, terutama bagi anak-anak. Seperti apa sih bakteri baik ini? Yuk, intip penjelasan lengkapnya, Moms!

bakteri yang menguntungkan

Ciri-ciri bakteri yang menguntungkan

Bakteri baik atau bakteri yang menguntungkan disebut sebagai probiotik. Ini adalah sebuah mikroorganisme yang memiliki dampak positif untuk tubuh karena berperan penting untuk mengatur keseimbangan flora di dalam usus atau saluran pencernaan. 

Jika probiotik dikonsumsi maka dapat berkembang baik dalam usus dan memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh karena bakteri ini tidak bersifat patogenik (menimbulkan penyakit) dan tidak beracun. 

Jenis-jenis Bakteri Baik

Ada tiga jenis bakteri baik untuk tubuh anak-anak maupun orang dewasa. Yang pertama adalah Lactobacillus. Bakteri ini membentuk sebagian besar dari bakteri asam laktat. Namanya sesuai dengan fungsinya yaitu mengubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat.

Kedua adalah Bifidobacterium yang punya manfaat baik untuk kesehatan dalam kolon. Dan terakhir adalah Saccharomyces genus khamir atau dikenal juga dengan ragi yang punya manfaat untuk mengubah glukosa jadi alkohol serta CO2

Mengapa disebut sebagai bakteri baik?

Probiotik mampu mencegah bakteri jahat menyerang tubuh dengan menghasilkan antibiotika. Zat ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Selain itu probiotik juga dapat mencegah konstipasi, mengurangi bakteri penyebab infeksi lambung, mencegah alergi kulit, serta intoleransi laktosa. Probiotik sendiri banyak ditemukan di dalam saluran pencernaan terutama di dalam usus. Secara garis besar, bakteri yang menguntungkan dapat mengatasi masalah susah BAB pada anak maupun orang dewasa. 

Cara menjaga dan memelihara bakteri baik

Bakteri baik bisa didapatkan dari serat makanan alami seperti sayur dan buah. Lebih spesifik, beberapa sayuran dan buah yang mengandung probiotik seperti bawang bombay, pisang, bawang putih, dan olahan kedelai berupa tempe serta tahu. Salah satu cara paling efektif untuk menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan adalah dengan memberikan asupan makanan untuk bakteri baik tersebut.