Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain menjaga asupan makanan, ibu juga bisa memberikan suplemen tambahan yang bagus untuk perkembangan otak dan tubuhnya. Salah satu contohnya adalah memberikan suplemen minyak ikan untuk anak. 

Minyak ikan mengandung omega 3 yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, terutama untuk kecerdasan otak serta daya tahan tubuhnya. Minyak ikan juga bisa jadi salah satu makanan penambah berat badan anak. Beberapa merk minyak ikan untuk anak memang memiliki rasa dan bau yang kuat sehingga kurang disukai. Untuk itu kami berikan rekomendasi merk minyak ikan untuk anak dengan rasa yang terbaik serta nutrisi yang tentu akan sangat berguna baik tumbuh kembangnya. 

Minyak ikan

1. Healthy Care Fish Oil Omega 3

Healthy Care Fish Oil Omega 3  adalah minyak ikan berbentuk kapsul yang praktis. Ibu bisa memberikan minyak ini dengan cara menghancurkannya, lalu campurkan pada jus, susu atau makanan kesukaan si kecil. Ada banyak manfaat dari suplemen ini termasuk menjaga kesehatan jantung, suplemen dari Australia ini juga menjaga kesehatan otak, mata, kulit, dan sendi. Suplemen seharga Rp180.000 ini aman dikonsumsi anak-anak usia di atas usia 2 tahun dengan konsultasi dan anjuran dari dokter.

2. Nature’s Health Omega Junior Health

Merk terbaik Minyak ikan untuk anak yang kedua adalah Nature’s Health Omega Junior Health yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Kandungannya baik untuk berbagai proses biologis dalam tubuh dan menjaga kesehatan fisik serta perkembangan mental yang optimal bagi anak. Harga suplemen dibandrol Rp150.000 dapat diberikan pada anak berusia 2 tahun ke atas.

3. Nature’s Way Kids Smart Omega 3 

Kandungan dalam minyak ikan ini adalah dua asam lemak omega-3 esensial, yakni docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Keduanya merupakan asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak anak. Minyak ikan ini berbentuk gummy yang pasti disukai anak dengan harga Rp140.000. 

4. ChildLife Pure DHA Chewable Fish Oil Strawberry

Suplemen minyak ikan ini berbentuk seperti permen yang bisa langsung dikunyah dengan rasa stroberi. Harga minyak ikannya ini adalah Rp190.000 dan untuk anak-anak usia 1 hingga 12 tahun. Kandungannya terbuat dari ikan cod murni yang memiliki zat omega 3 dengan gelatin terbuat dari ikan.

5. Nordic Naturals Children DHA

Nordic Naturals Children DHA merupakan salah satu jenis minyak ikan yang disukai anak karena berbentuk soft gel dan memiliki aroma stroberi. Suplemen ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan mata, sistem imunitas, dan mencegah infeksi bakteri dan virus, serta menjaga mood.